Kamu Punya Karang Gigi yang Sudah Mengeras? Begini Cara Menghilangkannya!

Ilustrasi karang gigi. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Pembersihan karang gigi adalah suatu tindakan mengangkat, membuang, atau menghilangkan karang gigi yang terdapat pada permukaan gigi. Pembersihan karang gigi bertujuan agar gigi terbebas dari plak.

Semua orang tentunya ingin memiliki gigi yang tampak sehat dan cerah. Pembersihan karang gigi juga dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan mulut. Menurut buku Serba Serbi Kesehatan Gigi dan Mulut karya Ardyan Gilang Ramadhan (2010: 29), karang gigi yang dibiarkan akan berpotensi menyebabkan bau mulut, kerontokan gigi, hingga penyakit gusi.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan karang gigi yang sudah keras? Caranya dapat dibagi menjadi dua, yaitu melalui tindakan medis dan bahan-bahan alami. Agar lebih memahaminya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah keras

Pembersihan karang gigi harus dilakukan dengan cara yang tepat, agar memberikan hasil yang maksimal. Melalui tindakan medis, karang gigi yang sudah keras mampu dihilangkan secara cepat. Namun, biaya yang dikeluarkan juga tidak murah.

Sebagai alternatif jika tidak ingin melalui tindakan medis, penggunaan bahan-bahan alami juga dapat menghilangkan karang gigi. Berikut cara menghilangkan karang gigi yang sudah keras, yang dirangkum dalam bahan ajar Konsep Dasar Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut I & II oleh Erni Gultom dan Deru Marah Laut (2018: 53).

Scalling

Scalling gigi adalah cara menghilangkan karang gigi yang banyak serta membandel. Cara ini hanya dapat dilakukan dengan bantuan dokter gigi, agar prosesnya aman dan tidak berisiko. Proses scalling umumnya tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebihan, sehingga dokter tidak akan memberikan bius lokal pada pasien selama proses berlangsung.

Setelah proses scalling berakhir, dokter akan melakukan root planning. Prosedur ini bertujuan membersihkan akar gigi, agar gusi bisa kembali menempel dengan sempurna pada akar gigi.

Baking soda

Cara menghilangkan karang gigi menggunakan bahan alami yang pertama adalah menggunakan baking soda. Baking soda ini dapat menghilangkan karang gigi tanpa merusak enamel. Apalagi dengan tingkat pH tinggi, baking soda mampu menyeimbangkan pH mulut untuk mencegah demineralisasi gigi enamel.

Berikut langkah-langkah menghilangkan karang gigi dengan baking soda, di antaranya meliputi:

Kulit jeruk

Selain kandungan vitamin C yang terdapat di kulit jeruk, kulit jeruk juga mengandung pectin, limonene, gluconate, dan souble fiber. Kandungan ini dapat menjadi bahan pemutih gigi alami. Bagian putih kulit jeruk lah, yang memiliki kandungan pemutih alami ini.

Langkah-langkah penggunaan kulit jeruk untuk membersihkan karang gigi, yaitu:

Jambu biji

Buah dan daun jambu biji dapat menghilangkan karang gigi secara alami sekaligus meredakan gusi yang bengkak. Cara menggunakan daun biji sebagai penghilang karang gigi yang sudah mengeras, yaitu:

Exit mobile version