Semen Padang FC Bakal Cari Pemain untuk EPA di Liga TopSkor Sumbar

Adanya Liga TopSkor memang sangat membantu tim untuk mencari bibit muda berbakat yang akan diikutkan pada kompetisi EPA Liga 1.

Liga Topskor Indonesia. (dok. istimewa)

Liga Topskor Indonesia. (dok. istimewa)

BOLA, RADARSUMBAR.COM – Semen Padang FC memastikan tiket promosi ke Liga 1 musim depan. Hasil ini pun membawa kabar gembira buat Liga TopSkor Sumatra Barat (Sumbar) sebagai salah satu kompetisi pencetak pemain muda berbakat.

Reynold Fadli, Koordinator Liga TopSkor Sumbar beberapa waktu lalu mengatakan, keberhasilan Semen Padang FC promosi ke kompetisi kasta tertinggi disambut positif keluarga besar kompetisi usia dini paling bergengsi ini.

“Promosi ke Liga 1 berarti ada Elite Pro Academy (EPA) yang harus diikuti. Nah, Semen Padang telah berkomitmen untuk memakai pemain dari Liga TopSkor Sumbar buat keikutsertaan di EPA Liga 1 musim depan,” ujar Paklek, panggilan akrabnya.

Diketahui, Semen Padang berhasil memastikan promosi ke Liga 1 setelah memenangi pertandingan semifinal dengan format dua leg atas Malut United.

Usai lolos ke babak final, tim Kabau Sirah harus menyerah dengan agregat 6-0 dari PSBS Biak dan menjadi runner up.

Sementara itu, Liga TopSkor Sumbar musim ini memutar beberapa kelompok umur. Mulai U-12, U-13, U-14 dan U-16.  Kompetisi ini sendiri digelar di dua zona, yakni Payakumbuh dan Padang.

“Nanti empat tim teratas dari zona Payakumbuh akan bermain di seri provinsi, digabung dengan zona Padang,” kata Paklek. “Kalau Payakumbuh hanya menggelar U-14 dan U-16,” ucapnya.

“Babak provinsi rencananya diselenggarakan di Stadion Utama Sumbar yang baru selesai dibangun. Jadi Liga TopSkor Sumbar yang nantinya jadi pemakai tempat itu untuk pertama kali,” kata Paklek.

Dengan menggelar banyak kelompok umur, Liga TopSkor berharap makin banyak pemain usia muda yang terpantau. Khususnya untuk musim depan buat tim usia muda Semen Padang.

“Para pemain terbaik di Liga TopSkor, pasti akan kami salurkan ke Semen Padang FC. Mereka bakal jadi kerangka untuk tim EPA Semen Padang FC,” ujar Paklek.

Sementara itu, CEO Semen Padang FC Win Bernadino menyebut, adanya Liga TopSkor memang sangat membantu tim untuk mencari bibit muda berbakat yang akan diikutkan pada kompetisi EPA Liga 1.

“Ini adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap tim peserta Liga 1. Adanya Liga TopSkor, memudahkan pada scouting kita mencari pemain,” tutup Win singkat. (rdr)

Exit mobile version