5 DPD IKM Dukung Braditi Moulevey Pimpin DPW IKM Jakarta

5 DPD IKM se-Jakarta mendukung Wasekjen DPP IKM, Braditi Moulevey menjadi Ketua DPW IKM Jakarta dalam Muswil yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. (Foto: Dok. Tim BM)

5 DPD IKM se-Jakarta mendukung Wasekjen DPP IKM, Braditi Moulevey menjadi Ketua DPW IKM Jakarta dalam Muswil yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. (Foto: Dok. Tim BM)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Lima Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Keluarga Minang (IKM) mendukung Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) organisasi perantau Minang tersebut, yakni Braditi Moulevey untuk maju menjadi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) se-Jakarta.

Salah satu dukungan deras itu datang dari Ketua DPD IKM Jakarta Timur (Jaktim), Mulyanis Putra.

“Memang benar lima DPD IKM mendukung Braditi Moulevey untuk maju pada Musyawarah Wilayah (Muswil) DPW IKM Jakarta yang digelar dalam waktu dekat ini,” kata pria yang akrab disapa Ican tersebut kepada Radarsumbar.com via seluler, Sabtu (24/8/2024) siang.

Menurut Ican, dukungan yang diberikan oleh lima DPD IKM di Jakarta, yakni Utara, Pusat, Barat, Timur dan Selatan bukan tanpa alasan.

Pasalnya, Ican menilai Braditi Moulevey sebagai sosok yang pantas dan sudah sangat siap memimpin organisasi perantau Minang di Jakarta.

“Saya menilai Pak Moulevey ini sebagai sosok yang visioner, berfikiran terbuka, berwawasan luas serta mampu menjadi penghubung kami untuk semua lini,” katanya.

Selain itu, faktor kedekatan dan hubungan emosional Braditi Moulevey yang juga merupakan Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu dengan H Andre Rosiade menjadi dasar seluruh DPD IKM se-Jakarta memberikan dukungan tersebut.

“Salah satu fokus atau konsentrasi dari IKM saat ini adalah bagaimana menyatukan dan mendukung para perantau yang ada di Jakarta. Saat ini, para perantau yang berprofesi sebagai pedagang sudah banyak yang gulung tikar,” katanya.

Penyebabnya, kata Ican, lantaran perantau pedagang Minang tersebut terlambat dalam menghadapi perubahan zaman.

“Di Jakarta Timur ini saja, pedagang Minang yang bahkan sudah pulang kampung itu mencapai 50 persen. Kalau pun tidak pulang kampung, mereka memulangkan anak istrinya, artinya, hidup mereka semakin susah,” katanya.

Dengan adanya ketua baru di DPW IKM Jakarta, kata Mulyanis Putra, maka akan membuat pergerakan DPD IKM se-Jakarta menjadi lebih leluasa untuk menyelamatkan para perantau Minang.

“Selain itu, keberadaan DPW IKM Jakarta juga membuat posisi kami semakin dihargai dan mempunyai nilai tawar berlebih dan mudah mendapatkan dana hibah dari pemerintah. Sosok Braditi Moulevey kami yakini bisa untuk merealisasikan hal tersebut,” katanya.

Dihubungi terpisah, Braditi Moulevey mengaku merasa terhormat dengan dukungan yang diberikan oleh lima DPD IKM sekaligus kepada dirinya untuk maju menjadi Ketua DPW IKM Jakarta.

“Tentu saya sangat siap jika diberikan amanah itu. Dengan kemampuan yang saya miliki, saya bisa untuk merealisasikan apa yang menjadi kebutuhan dan ekspektasi dari DPD IKM,” katanya.

Jika diberikan amanah menjadi Ketua DPW IKM Jakarta, Braditi Moulevey sudah menyiapkan langkah awal.

Dirinya akan meminta kepada jajaran DPD IKM se-Jakarta untuk membuat program dan bergerak untuk mengumpulkan seluruh database perantau Minang di Jakarta.

“Apalagi dengan keberadaan IKM akan sangat membantu masyarakat, terutama dirasakan perantau Minang yang berada di tengah-tengah kondisi ekonomi yang sangat sulit, seperti pedagang dan pekerja-pekerja non-formal lainnya,” tutur pria kelahiran Padang, 7 Januari 1982 tersebut. (rdr)

Exit mobile version