Hujan Deras Guyur Kota Padang, Sejumlah Lokasi Tergenang dan Banjir

Genangan setinggi paha orang dewasa di kawasan Tabing Banda Gadang, Kecamatan Nanggalo.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Hujan deras yang terjadi di Kota Padang pada Sabtu (30/10/2021) siang mengakibatkan genangan dan banjir di sejumlah lokasi. Seperti, kawasan Simpang Gadut, Kecamatan Lubuk Kilangan dan Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung serta kawasan Tabiang Banda Gadang, Kecamatan Nanggalo.

Pantauan radarsumbar.com di salah satu lokasi yakni, kawasan Simpang Gadut, terlihat air deras yang keluar dari selokan mengalir ke jalan raya yang mengakibatkan pengendara sulit untuk melintas. Kemacetan panjang pun tak terelakkan di jalan tersebut. Satu jam kemudian, karena hujan surut dan intensitas air pun sudah berkurang, aktifitas lalu lintas di lokasi baru normal.

Utin (33), warga sekitar mengatakan, selama dua jam hujan deras, intensitas air yang berada di selokan yang cukup dalam itu tidak bisa ditampung. “Air dari selokan itu melimpah dan mengalir deras ke jalan. Mobil tidak bisa melalui takut diseret air, selain itu, juga jembatan yang dibawahnya ada sungai dengan arus besar,” ujar warga tersebut.

Hal senada juga diungkapkan oleh Robi (34). Dia menyebut, macet terjadi selama kurang lebih dua jam. Rata-rata, kendaraan yang melintas untuk menuju kawasan Indarung memang sengaja berhenti karena arus tersebut sangat deras. “Kita berharap dari pemerintah untuk segera melakukan antisipasi, mungkin banyak sampah disana saya tidak tahu juga,” ujarnya.

Terpisah, Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang Malizar Ade mengatakan, berdasarkan data yang didapat, ada sejumlah kawasan yang terendam banjir, seperti Tabing, Gunung Pangilun, Kampung Jua, kawasan Padang Selatan dan Tabiang Banda Gadang, namun tidak ada korban dalam musibah ini.

“Anggota kita telah disebar untuk mengavakuasi warga yang terjebak banjir. Kami mengimbau supaya warga Kota Padang tetap waspada karena cuaca masih mendung. Untuk data rincinya belum bisa kita dapati, kalau nanti ada informasi lanjutan akan saya kasih kabar,” ujarnya. (rdr-007)

Exit mobile version