Ribuan Paket Sembako Disalurkan Gebu Minang ke Lokasi Bencana di Sumbar

Ketua Umum Gebu Minang Oesman Sapta Odang (OSO) melepas keberangkatan truk pengangkut bantuan sembako untuk korban bencana Sumatera Barat di Jakarta, Minggu (19/5/2024). ANTARA/HO-Gebu Minang.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang mengirimkan sembilan ribu paket sembako untuk korban bencana alam di Sumatra Barat (Sumbar) dari Jakarta.

“Ini merupakan bantuan putaran pertama. Nanti akan ada bantuan susulan untuk daerah terdampak yang lain,” kata Ketua Umum Gebu Minang Oesman Sapta Odang (Oso) di Jakarta, Minggu.

Ketua Umum Partai Hanura itu mengatakan bantuan disalurkan ke tiga daerah terdampak, yakni Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Padang Panjang.

Banjir bandang dan tanah longsor menerjang beberapa wilayah Sumbar Minggu (12/5/2024). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar menyatakan, hingga Jumat pekan ini, korban meninggal ada 61 orang.

“Mudah-mudahan ini musibah yang terakhir kali ya di Sumbar. Setelah ini tidak ada lagi musibah-musibah, baik di Sumbar maupun di seluruh Indonesia,” harap OSO.

Dia menekankan, Gebu Minang selalu peduli dengan masyarakat Indonesia, bukan hanya terhadap orang Minang.

“Jadi kalau ada bencana di wilayah lain di seluruh Indonesia, Gebu Minang selalu mengirimkan bantuan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Harian Gebu Minang Syahrizal Ahyar menjelaskan, bantuan ini murni sumbangan pribadi OSO, sebagai ketua umum Gebu Minang.

Dia merinci, sembilan ribu paket ini diangkut oleh 12 truk berukuran besar. Tiap paket isinya beras 10 kilogram, 5 bungkus mi instan, sebotol minyak goreng, sambal, sarden, dan kaos.

Purnawirawan jenderal polisi bintang dua ini menambahkan, selama perjalanan, truk bantuan akan dikawal oleh polisi. Pengawalan dilakukan polisi sesuai dengan wilayah hukumnya masing-masing.

“Para supir truk juga dari Sumbar. Ini bantuan dikirim ke kampung kalian, tolong dijaga,” pesannya. (rdr/ant)

Exit mobile version