Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Mantan Wartawan yang Kini jadi Ketua MPR 2024-2029

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. (Foto: Dok. Istimewa)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani akan disahkan sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2024-2029. Pengesahan Muzani sebagai Ketua MPR akan dilakukan pada Kamis (3/10/2024) hari ini.

Nantinya, Muzani akan didampingi oleh 8 wakil ketua MPR yang terdiri dari 7 orang perwakilan fraksi di DPR dan 1 orang lainnya dari DPD.

“Rapat paripurna MPR tanggal 3 Oktober 2024 pagi besok (hari ini), tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru, yang dipimpin oleh Ahmad Muzani,” ujar Ketua Fraksi PDI-P DPR Ahmad Basarah kepada wartawan, Rabu (2/10/2024).

Dengan demikian, Muzani yang merupakan loyalis Presiden terpilih Prabowo Subianto ini akan menjadi Ketua MPR di saat Prabowo menjabat sebagai Presiden.

Dikutip dari situs Gerindra, Ahmad Muzani lahir di Tegal pada 15 Juli 1968. Muzani merupakan seorang pengusaha, politikus Partai Gerindra, dan anggota DPR.

Sejak remaja, Muzani disebut sudah menekuni berbagai organisasi di Tegal. Dia tercatat pernah memimpin Pelajar Islam Indonesia (PII), lalu melanjutkan pendidikan jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Ibnu Chaldun, Jakarta.

Dari ilmu yang didapatnya, Ahmad Muzani terjun menjadi wartawan majalah Amanah dan penyiar radio Ramako. Di radio ini pula, berkat ketekunannya, Muzani terpilih menjadi direktur untuk kawasan Serang, Banten. Mengenal banyak orang dan punya koneksi yang bagus membuat Ahmad Murzani dekat dengan berbagai kalangan.

Muzani bahkan sempat terjun ke dunia politik praktis saat menggagas Partai Bintang Reformasi (PBR) bersama Zainuddin MZ dan sempat menjabat sebagai Wakil Sekjen. Menjelang Pemilu 2009, Muzani, yang pernah bekerja menjadi manajer perkebunan kelapa sawit milik Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto itu jatuh cinta pada Gerindra.

Sejak itu, Muzani mulai aktif menjadi bagian dari Partai Gerindra. Sejak tahun 2015 hingga saat ini, Muzani dipercaya Prabowo menduduki posisi penting sebagai Sekjen Gerindra. (rdr/kompas)

Exit mobile version