Andre Rosiade jadi Sekretaris Fraksi Gerindra MPR RI

Andre Rosiade bersama Ketua MPR RI Ahmad Muzani. (Foto: Dok. Tim AR)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – H Andre Rosiade mendapatkan amanah sebagai Sekretaris Fraksi Partai Gerindra Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI. Wakil rakyat dari Sumatra Barat (Sumbar) itu bakal berperan di MPR jelang pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka 20 Oktober 2024 mendatang.

“Alhamdulilah, kami mendapatkan amanah sebagai sekretaris Fraksi Gerindra MPR RI. Tentu ini adalah amanah yang besar dan akan kami laksanakan sebaik-baiknya. Karena pastinya kami membawa nama Sumbar sebagai konstituen yang kembali memberikan amanah kami di parlemen pada periode kedua,” kata Andre Rosiade, Minggu (6/10/2024).

Andre Rosiade mengatakan, Fraksi Gerindra di DPR dan MPR sudah terbentuk strukturnya. Fraksi Gerindra DPR dipimpin oleh Budisatrio Djiwandono. Sekretarisnya adalah Bambang Haryadi, sedangkan Bendahara Fraksi dijabat Novita Wijayanti. Sementara kader senior Habiburokhman memimpin Fraksi Gerindra di MPR. Untuk pimpinan DPR, Gerindra menempatkan Sufmi Dasco Ahmad sebagai Wakil Ketua DPR.

Andre menegaskan, untuk Ketua MPR juga diisi oleh Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

“Pada rapat gabungan juga telah menyepakati Ketua MPR periode 2024-2029 Pak Ahmad Muzani dari Fraksi Gerindra. Artinya MPR sudah melengkapi struktur sementara DPR masih menunggu pelantikan Presiden dan Kabinet 21 Oktober nanti,” kata Andre Rosiade yang juga anggota Dewan Pembina Partai Gerindra ini.

Andre Rosiade mengatakan, sebelum adanya AKD DPR, para wakil rakyat akan lebih banyak terlibat dalam wewenang dan tugas-tugas sebagai anggota MPR. Yang terdiri dari gabungan DPR dan DPD RI. Saat ini, yang akan menjadi wewenang utama MPR adalah melantik Presiden dan Wakil Presiden hasil pemilihan umum 2024 yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Selanjutnya, MPR juga akan berwenang dalam mengubah dan menetapkan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. MPR memiliki tanggung jawab untuk menyebarluaskan ketetapan yang telah diambil, agar masyarakat memahami pentingnya keputusan tersebut. MPR bertugas untuk menyebarkan nilai-nilai dasar negara, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika serta tugas lainnya,” kata Ketua DPD Gerindra Sumbar ini.

Diketahui, Andre Rosiade menjadi calon anggota DPR RI dengan perolehan suara terbanyak di Sumbar. Baik Dapil Sumbar 1 atau 2. Andre meraih 114.914 suara sesuai hasil yang ditetapkan KPU Sumbar pada menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara partai dan calon anggota DPR di wilayah Sumbar 10 Maret 2024 lalu. (rdr)

Exit mobile version