Mahmoud Abbas Puji Prabowo, Andre Rosiade: Paling Konkret untuk Palestina

Pak Prabowo juga menunjukkan langkah dengan menegaskan komitmen Indonesia memberikan bantuan konkret untuk Palestina

Anggota DPR asal Sumbar Andre Rosiade bersama presiden terpilih Prabowo Subianto. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Ketua DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sumbar H Andre Rosiade menyebutkan, Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto adalah sosok yang paling konkret untuk pembebasan dan perdamaian di Palestina. Sejak lama, Prabowo telah melakukan banyak hal untuk membantu saudara-saudara muslim di Gaza dan sekitarnya itu dari kekejaman Israel.

Tak heran, kata Andre, Presiden Palestina Mahmoud Abbas memuji Prabowo ketika berbicara di hadapan para pemimpin dunia di forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) bertajuk “Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza” di Yordania pekan lalu. Mahmoud memberikan pujian kepada presiden Indonesia terpilih dengan mengatakan Prabowo sebagai sosok yang cerdas.

“Saat itu Presiden Palestina juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan Indonesia terhadap palestina. Bahkan menilai bahwa hubungan dirinya dengan Prabowo bukan hanya sekadar teman melainkan sebagai saudara. Dia merasa bersama Pak Prabowo bukan hanya sekadar teman, melainkan saudara,”  kata Andre Rosiade, Selasa (18/5/2024).

Kata Andre, Prabowo sudah menyatakan komitmennya, bahwa Indonesia akan membantu Palestina dengan serius. Seperti  rencana pengiriman bantuan lagi ke Palestina lewat jalur udara dan Kapal Rumah Sakit milik TNI ke Palestina. Bahkan, kalau diizinkan, tidak hanya membantu Gaza tapi Tepi Barat yang juga keadaannya sangat sulit.

“Pak Prabowo juga menunjukkan langkah dengan menegaskan komitmen Indonesia memberikan bantuan konkret untuk Palestina. Langkah Indonesia ini dihargai banyak negara. Rumah sakit tetap di situ, pesawat kita tetap di situ. Pak Prabowo bergerak lebih baik ke arah-arah konkret itu,” kata Andre.

Kata Andre, Prabowo juga memastikan mendesak Israel agar mau melakukan gencantan senjata. Kalau tidak Israel akan terkucil. Apalagi, sejumlah negara Eropa yang kini sudah mengakui Palestina. Mayoritas anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga meminta Palestina diterima sebagai anggota PBB.

Yang terbaru, sebut Andre, Prabowo mengatakan, Indonesia siap menerima 1.000 pasien terdampak konflik Palestina dan 1.000 anak Palestina untuk dirawat dan bersekolah di Indonesia. Prabowo mengatakan, hal itu merupakan solusi konkret yang ditawarkan Indonesia ketika ia menghadiri KTT.

“Meski berstatus Presiden terpilih, Pak Prabowo juga tidak mau maju sendiri soal Palestina ini. Semua hal selalu dikoordinasikan dan dilaporkan hasilnya kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Jadi, apapun sikap Pak Prabowo hari ini adalah cerminan dari sikap Indonesia terhadap masalah di Palestina,” kata anggota DPR RI asal Sumbar ini.

Diketahui, Prabowo merespons pujian dan ucapan terima kasih yang disampaikan Presiden Palestina. Menteri Pertahanan RI ini juga menegaskan bahwa Indonesia membuka pintu untuk Palestina apabila membutuhkan bantuan. “Bila ada hal lain yang kami lakukan, kami akan lakukan,” ujarnya. (rdr)

Exit mobile version