Jelang Rakernas I, DPP IKBA Bung Hatta Ini Persiapannya

Webinar Pra-Raker DPP IKA Bung Hatta.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pasca pelantikan dan pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Keluarga Besar Alumni (IKA) Universitas Bung Hatta 2021-2026 yang dikukuhkan, Jumat (22/10/2021) lalu, Ketua Umum Terpilih Iman Satria langsung melakukan gebrakan.

Pada Rabu (3/11/2021) malam, DPP Ikatan Keluarga Besar Alumni Universitas Bung Hatta melakukan Pra-Raker yang digelar melalui Zoom Meeting dengan tema “Menjadikan Organisasi Alumni yang Tangguh dan Memberikan Kontribusi untuk Kemajuan Almamater dan Bangsa”.

Iman Satria menjelaskan, dalam kegiatan Pra-Raker pertama ini membahas beberapa poin penting terkait beberapa agenda masing-masing bidang serta juga visi misi Ikatan Keluarga Besar Alumni Universitas Bung Hatta kedepannya.

Menurut pria yang berprofesi sebagai insinyur tersebut, dia berharap para alumni kedepannya akan terus berkontribusi yang terbaik untuk almamaternya dan Universitas Bung Hatta. “Kita akan mencoba atau berusaha bagaimana nanti kiprahnya para alumni yang masing-masing punya aktivitas di luar bisa berbuat terbaik buat Universitas ini,” ungkapnya.

Hasil Pra-Raker ini ada beberapa konklusi yang diharapkan menjadi semangat kontribusi para alumni kedepannya, yaitu, program kerja disusun dengan memperhatikan muatan isi dari visi dan misi Ketua Umum.

Kemudian, penyusunan program kerja berdasarkan pendekatan Appreciative Inquiry dengan menggunakan model 4D (Discovery, Dream, Design, Delivery) yang masing-masing Wakil Ketua Umum (Bidang), Sekretaris Jenderal dan Bendahara Umum mengusulkan satu Program Kerja (Proker).

“Setiap program kerja disertakan dengan indikator capaian, standar capaian, program kerja dijabarkan ke dalam ukuran yang lebih operasional dalam bentuk aktivitas perlu adanya standar baku usulan progam kerja dan anggaran,” katanya.

Juga diperlukan upaya untuk melakukan pemantapan penyusunan program kerja menjelang pelaksanaan Mubes, Sekretaris Jenderal dan Bendahara Umum melakukan koordinasi dengan masing-masing bidang dalam rangka penyusunan program kerja.

“Lalu, pada saat Raker, diharapkan masing-masing bidang sudah memiliki satu program kerja beserta jabaran kegiatannya. Perlu dilakukan tindakan konsolidasi dan rekonsiliasi dengan unit organisasi lainnya,” jelas Imam.

Rapat Kerja ini, kata Imam, akan dilaksanakan paling lama Bulan Desember 2021 dan tempatnya akan ditentukan kemudian. Paling lama 10 hari sebelum rapat kerja dan perlu dicarikan solusi kendala atas keuangan DPP-IKBA Universitas Bung Hatta.

“Untuk menyelenggarakan Rapat Kerja yang akan dihadiri oleh seluruh Lembaga (DPD, Komisariat dan DPC), Utusan masing-masing Lembaga (DPD, Komisariat dan DPC) untuk mengikuti Rapat Kerja dibatasi maksimal dua orang salah satunya adalah wajib dihadiri pimpinan lembaga (Ketua, Sekretaris atau Bendahara),” ungkapnya. (rdr-007)

Exit mobile version