Mitsubishi Xpander Baru Resmi Meluncur, Begini Spesifikasinya

Kebetulan unit yang dihadapkan adalah Xpander Ultimate atau tipe tertinggi, secara keseluruhan bikin pangling

Tampilan interior Mitsubishi Xpander Cross. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi meluncurkan Mitsubishi Xpander baru dan Xpander Cross secara virtual, Selasa 8 November 2021. Kedua mobil tersebut mendapatkan sejumlah perubahan. Sebelum resmi dirilis, Viva Otomotif mendapatkan undangan dari distributor mobil Mitsubishi tersebut untuk melihat langsung bentuk utuhnya. Perubahan yang cukup banyak ternyata ada di interior dan fitur-fiturnya.

Kebetulan unit yang dihadapkan adalah Xpander Ultimate atau tipe tertinggi, secara keseluruhan bikin pangling. Sebab saat masuk ke kabin kami merasa ada di dalam Outlander PHEV atau Eclipse Cross berkat ubahannya. Khusus Xpander, joknya dibalut warna krem dengan bahan kain yang lembut.

Pada bagian dashboard tepat di titik air bags bersarang dibreikann bahan empuk seperti mobil premium, tidak lagi berbahan plastik keras yang kasar. Agar tampilannya lebih mewah bagian samping kisi-kisi AC yang menjadi pembatas dashboard atas dibalut bahan semi kulit warna krem.

Kemudian dilengkapi asken kayu yang memanjang hingga panel instrument. Door trim dipadukan semi kuilit krem, dan plastik hitam. Yang terbaru, pengemudi bisa lebih nyaman saat berkendara karena adanya arm rest yang menyatu dengan konsol tengah dengan balutan semi kulit berwarna krem.

Dibalik arm rest terdapat ruang penyimpanan. Konsol tengah mempertahankan hitam metalik dengan aksen silver. Yang membuat takjub, kini Xpander dilengkapi pengaturan AC digital, dan rem parkir elektrik. Tidak ada lagi tuas rem parkir yang biasanya di sisi kiri menyatu dengan konsol seperti mobil lawas, atau Xpander model sebelumnya. Di bawah tombol rem elektrik ada auto hold yang membantu pengereman saat di tanjakan.

Sistem hiburannya juga diperbaiki dengan head unit model floating layar sentuh berukuran 8 inci, lebih besar 1 inci dari model sebelumnya. hanya tersedia untuk tipe Sport, dan Ultimate, sedangkan GLS dan Exceed ukurannya 7 inci. Panel klasternya sudah LCD meter dengan memainkan warna baru, kemudian desain setir juga berubah menjadi lebih moderen, sekilas bentuknya seperti Eclipse Cross, atau Outlander PHEV.

Yang menarik perhatian kami dari banyaknya tombol yang menempel di setir terdapat logo cruise control lengkap dengan pengatur kecepatannya di sisi kanan. Artinya saat melaju di jalan bebas bisa jalan otomatis tanpa injak pedal gas. Fitur tersebut sebenarnya sudah ada di model sebelumnya. Beralih ke bangku penumpang baris kedua, yang baru terdapat dua kap holder di balik arm rest. Selain itu tersedia dua colokan USB tipe A dan tipe C untuk penumpang.

Fitur baru lainnya yang ada di Xpander edisi tahun ini adalah speed sensing door lock. Sehingga saat mobil mulai berjalan pintu akan mengunci otomatis, dan fitur baru lainnya adalah auto stop and go. Meskipun dapur pacunya mempertahankan mesin bensin empat silinder MIVEC 1.500cc. Namun demi penyaluran tenaga yang halus, dan efisiensi bahan bakar, transmisi matiknya berubah dari konvensional menjadi CVT (Continuosly Variable Transmision) 8-percepatan. (viva.co.id)

Exit mobile version