Puluhan Wartawan di Sumbar Dibekali Bimtek Terkait Politik Anggaran

Bimtek jurnalistik Kominfotik Sumbar terkait politik anggaran.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sebanyak 90 orang wartawan media cetak, elektronik dan online di Sumatera Barat dibekali bimbingan teknis (Bimtek) jurnalistik tentang Politik Anggaran pada 26 hingga 28 November 2021 di Hotel Pangeran, Padang. Bimtek ini dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) Sumbar Jasman Rizal, Jumat (26/11/2021) malam.

Pembukaan dihadiri oleh Ketua DPRD Sumbar Supardi yang sekaligus sebagai pemateri utama dan Hidayat, anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumbar. Menurut Jasman, sesuai UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, setiap badan publik wajib memberi akses kepada masyarakat tentang hal yang berkaitan dengan informasi publik.

“Untuk itu, wartawan sebagai corong informasi harus diberi akses yang luas apabila ada kebutuhan akan informasi publik untuk diberitakan,” sebut Jasman.

Acara dengan tema ‘Melalui Bimbingan Teknis, Kita Wujudkan Jurnalistik yang Teraktual dan Berkualitas’ diawali dengan pembekalan tentang informasi publik oleh Komisioner Komisi Informasi Sumatera Barat Tanti Endang Lestari.

“Banyak kita dengar badan publik belum sepenuhnya terbuka soal informasi, khususnya dalam informasi anggaran. Untuk itu, bila ada badan publik yang belum membuka akses, terbuka peluang untuk menyengketakannya ke Komisi Informasi (KI). Tentunya harus mengikuti aturan yang ada di UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” jelas Tanti.

Selain Tanti, pada hari pertama Bimtek ikut memberi pembekalan Pemimpin Redaksi Harian Singgalang, Khairul Jasmi dengan topik “Kebijakan Redaksi dalam Pemberitaan Soal APBD”, Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus dan Ketua IJTI Sumbar Jhon Nedy Kambang dengan topik “Memberitakan Anggaran”.

Pembekalan lain adalah Hidayat dengan topik “Strategi Politik Anggaran”, Ketua Ombusman Sumbar Yefri Heriani dengan topik “Mengukur Bayang-Bayang Anggaran Daerah, Komisioner KI Sumbar Adrian Tuswandi dengan topik “Keterbukaan Informasi” dan Juhardio Anse (jurnalis Indosiar/SCTV Sumbar) dengan topik “Citizen Jurnalis dan Peliputan Anggaran”.

Kegiatan Bimtek Jurnalistik ini nantinya akan ditutup dengan kunjungan lapangan ke Badan Informasi Publik yang sudah menyelenggarakan keterbukaan informasi dengan baik. (rdr)

Exit mobile version