Lidah Bayi Berwarna Putih, Kenali Penyebab dan Cara Membersihkannya

Ilustrasi lidah putih bayi(Shutterstock/Victoria 1)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Lidah bayi yang memutih memang kerap terjadi. Hal tersebut tak selalu menandakan kondisi yang serius. Cara membersihkan lidah bayi yang putih bisa diatasi dengan beberapa langkah mudah supaya warnanya kembali menjadi merah muda.

Tapi, sebelum itu, Anda perlu tahu terlebih dulu apa saja faktor penyebab warna lidah bayi menjadi putih.

Penyebab Lidah Bayi Putih

Dilansir dari Healthline, berikut penjelasan seputar penyebab lidah bayi putih.

  1. Seriawan

Seriawan tidak hanya dialami orang dewasa, tapi juga bayi. Penyebab utamanya yaitu infeksi jamur. Jenis jamur yang menginfeksi lidah bayi yaitu Candida albicans. Kondisi ini terjadi saat sistem kekebalan tubuh bayi belum maksimal untuk melawan patogen. Bayi yang mengalami seriawan lidah ditandai dengan rasa sakit dan tidak nyaman sehingga sering menangis, tidak ingin minum susu, sampai gelisah dan sulit tidur.

Jangan panik, seriawan pada bayi dapat diobati. Nantinya, dokter anak akan meresepkan obat antijamur khusus yang diberikan sebelum menyusui.

  1. Residu susu

Penyebab lain yang juga umum yaitu residu susu dari ASI atau susu formula. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh produksi air liur bayi yang masih belum maksimal, sehingga tidak efektif membersihkan residu susu yang mengendap.

Pada beberapa bayi, kondisi lidah putih bisa disebabkan tongue tie karena pergerakan lidahnya masih terbatas. Jangan khawatir, endapan residu susu tak bersifat permanen. Anda bisa membersihkan lidah bayi secara rutin.

Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Putih

Cara membersihkan lidah bayi yang putih relatif sederhana dan mudah dilakukan. Peralatannya yang dibutuhkan pun tidak banyak.

Anda dapat membersihkan lidah bayi setidaknya dua kali sehari setelah menyusui. Selain rutin membersihkan, ibu juga harus memperhatikan kebersihan puting payudaranya.

Cara Mencegah Lidah Bayi jadi Putih

Selain membersihkan, ada beberapa cara mencegah lidah bayi jadi putih yang bisa Anda coba.

  1. Rutin menyikat lidah bayi dengan lembut setidaknya dua kali sehari.
  2. Pastikan mainan-mainan bayi yang berpotensi bisa digigit ke dalam mulut selalu disteril.
  3. Botol susu bayi atau dot juga harus sering disteril.
  4. Jika ibu mengalami sariawan di puting, segera minta bantuan dokter dan rajin mengganti bra.

Selain mengetahui cara membersihkan lidah bayi yang putih, Anda juga perlu waspada jika warna putih terasa semakin tebal dan disertai demam. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar si kecil mendapatkan penanganan yang tepat. (cnnindonesia.com)

Exit mobile version