Gempa 4,6 SR Guncang Mentawai, Getaran Terasa Keras di Padang

ilustrasi gempa

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Minggu (29/11/2021) sekitar pukul 22:25:44 WIB telah terjadi gempa tektonik di Padang, Sumbar.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=4.6 yang kemudian dimutakhirkan menjadi M=4.6.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.25 LS dan 99.79 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada 72 Km barat daya Padang, Sumbar pada kedalaman 16 Km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Mentawai Fault System.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di Kota Padang II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Pariaman II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang), Padang Panjang I MMI (Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Hasil monitoring BMKG menunjukkan belum adanya aktivitas gempabumi susulan,” kata Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Irwan Slamet yang diterima radarsumbar.com.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah,” tutupnya. (rdr)

Exit mobile version