Ketum DPP IKM Fadli Zon jadi Menteri Kebudayaan

Ketum IKM Fadli Zon dilantik menjadi Menteri Kebudayaan di pemerintahan Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Dok. Istimewa)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Minangkabau (DPP IKM) Dr. Fadli Zon dilantik langsung oleh Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto menjadi Menteri Kebudayaan di Kabinet Merah Putih pada Senin (21/10/2024).

IKM sendiri merupakan organisasi sosial kemasyarakatan paguyuban Minang yang terbesar dan tersebar di seluruh Nusantara dan luar negeri. Fadli Zon sudah memimpin DPP IKM dari awal berdiri hingga saat ini.

Dr. H. Fadli Zon, S.S, M.Sc, bergelar Datuak Bijo Dirajo Nan Kuniang adalah putra asli Minang. Kedua orang tuanya berasal dari Minangkabau, Payakumbuh, Sumatera Barat.

Meskipun Fadli Zon lahir dan besar di Jakarta, beliau tetap bangga dengan darah Minang yang mengalir ditubuhnya dan peduli terhadap orang Minang, dibuktikan dengan beliau mau bergabung menjadi Ketua Umum di organisasi IKM.

Sedangkan di luar sana masih banyak tokoh-tokoh Minang yang hebat, yang pintar, yang kaya raya tetapi tidak peduli dengan orang Minang. Tidak mau diajak untuk masuk ke dalam ormas Minang atau organisasi IKM, bahkan banyak juga orang-orang Minang yang tidak mau mengaku dirinya berdarah Minang.

Sebagian besar orang Minang tinggal di luar Sumatera Barat. Karena itulah IKM ini dibentuk agar orang Minang di luar Sumatera Barat atau di rantau bisa menjaga persatuan, menjaga marwah Minang, menumbuhkembangkan rasa keminangannya, saling membantu sesama perantau Minang dalam rangka menjalin silaturahmi.

IKM ini merupakan wadah bagi tokoh-tokoh Minang, pemuka-pemuka Minang supaya bisa berbuat banyak untuk membantu orang Minang di luar Sumatera Barat serta dapat berkontribusi terhadap IKM.

Sistem sosial di organisasi ini ibarat subsidi silang yang mampu mensubsidi yang tidak mampu, yang bisa membantu perantau minang yang tidak bisa.

Pada dasarnya kegiatan IKM lebih banyak dibidang sosial kebudayaan antara lain memberikan bantuan kepada dunsanak-dunsanak yang mengalami musibah, aktif berpartisipasi dalam parade kebudayaan atau acara kedaerahan di tempat tinggalnya masing-masing yang tetap membawa dan mengangkat kebudayaan Minangkabau sehingga menumbuhkan rasa cinta terhadap Minangkabau dimanapun orang Minang itu berada.

Dengan dilantiknya Ketua Umum DPP IKM Dr. Fadli Zon menjadi Menteri Kebudayaan merupakan suatu nilai kemajuan bagi IKM dan juga bagi kebudayaan Minangkabau.

Fadli Zon merupakan kebanggan orang Minang. Fadli Zon merupakan harapan orang Minang, banyak harapan yang diharapkan dari Fadli Zon untuk membantu orang Minang di rantau.

“Kami sebagai perantau Minang sangat bangga dan hormat kepada Ketua Umum kita yang kini sudah dilantik menjadi Menteri Kebudayaan RI periode 2024-2029. Kami ucapkan selamat dan sukses kepada Pak Fadli yang telah menduduki kursi Menteri Kabinet Presiden Prabowo ini. Semoga bisa mengemban amanah dengan baik dan IKM yang dipimpinnya semakin berjaya dan berkibar di seluruh penjuru dunia,” ungkap salah satu Pengurus IKM. (rdr)

Exit mobile version