Pembekalan di Akmil Magelang, Menteri Kabinet Merah Putih Diangkut Hercules

Menteri dan Wakil Menteri Menteri Kabinet Merah Putih bertolak ke Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2024) siang. (Foto: Media Sosial Menteri Pariwisata Widiyanti Putri Wardhana).

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Para menteri Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto berangkat untuk menjalani pembekalan di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah. Menteri-menteri itu bertolak menggunakan pesawat C-130J Super Hercules A-1340 milik TNI Angkatan Udara (AU), pada Kamis (24/10/2024) siang.

Dirangkum detikcom, Kamis (24/10/2024), di Akmil Magelang, Prabowo akan memberi pembekalan lanjutan kepada para menteri dan wakil menteri. Retreat di Akmil Magelang itu akan berlangsung selama tiga hari.

“Saudara-saudara, saya sangat mengutamakan kerja sama sebagai tim. Untuk itu, dalam waktu dekat saya akan mengajak Saudara-saudara ke Magelang, di mana kita akan melaksanakan beberapa hari, menambah pembekalan,” kata Prabowo dalam sidang kabinet perdana di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Alasan Prabowo memilih Magelang adalah memiliki nilai historis sehingga dipilih menjadi lokasi pembekalan kepada menteri kabinet. Prabowo meyakini pembekalan terhadap menteri akan memberikan nilai manfaat.

“Kemudian kita akan ada koordinasi-koordinasi di tempat di Magelang, Jawa Tengah, di kawasan Akademi Militer. Hal itu saya nilai banyak akan banyak membawa manfaat. Karena sesungguhnya, lahirnya republik kita memang proklamasi di Jakarta, tetapi ujian proklamasi berada di daerah-daerah, di mana pejuang kita melaksanakan perebutan kemerdekaan secara fisik,” ujar Prabowo.

Prabowo menjelaskan Magelang punya nilai historis perjuangan melawan penjajah. Sehingga, dapat memberikan kesan dan pesan yang baik untuk jajaran menteri kabinet.

“Daerah Magelang merupakan suatu sentra perlawanan kita terhadap penjajah mulai ratusan tahun, dikenal sebagai perjuangannya Pangeran Diponegoro, di antara 5 gunung, itu saya kira cukup membawa aura tradisi keberanian, tradisi cinta tanah air,” imbuhnya.

Tujuan Retreat Kabinet

Sementara itu, Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan salah satu tujuan Prabowo retreat para menteri dan wakil menteri adalah menjaga kekompakan. Di sana, Prabowo akan menjelaskan mengenai program kerja selama 100 hari ke depan.

“Ya antara lain begitu,” ucap Dasco ketika ditanya apakah tujuan lain dari retreat di Akmil untuk menjaga kekompakan antarmenteri.

“Pak Prabowo akan di sana lebih menjelaskan tentang langkah-langkah yang akan dilakukan terutama mungkin dalam 100 hari ke depan dalam program-program yang menterinya harus paham, dan juga harus sangat mengerti mengenai apa-apa yang harus dilakukan,” ujar Dasco.

Raja Juli juga mengungkapkan ada seragam khusus yang dibagikan Sekretaris Kabinet kepada seluruh menteri dan wakil menteri. Selain baju, ada peralatan lain, seperti topi hingga sepatu.

“Alhamdulillah kami sudah diberi seragam oleh Pak Menseskab ya. Jadi coba nanti dilihatlah pakaian apa saja yang nanti akan dipakai para menteri dan wamen di Lembah Tidar,” kata Raja Juli.

“Selain seragam, ada kemeja, dua pasang kalau enggak salah warna putih dan warna khaki. Kemudian, ada sepatu, ada kaus olahraga, dan ada topi juga,” sambungnya. (rdr/detik)

Exit mobile version