Gandeng ACT, Masyarakat Minangkabau Donasi Lima Ton Rendang untuk Korban Gunung Semeru

Minangkabau Peduli donasi rendang untuk korban Gunung Semeru dan menggandeng ACT.

PADANG, RADARSUMBAR,COM – Masyarakat Minangkabau bersama ACT Padang dan sejumlah lembaga menggalang bantuan rendang kepada warga yang terdampak korban erupsi Gunung Semeru, Senin (6/12/2021). Bantuan rendang ini ditargetkanya sebanyak 5 ton yang akan digalang selama tiga pekan.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Minangkabau baik yang ada di kampung maupun di perantuan untuk bisa membantu saudara kita yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang,” kata Ketua Penggalang Bantuan Rendang, Fauzi Bahar di Padang.

Fauzi Bahar mengatakan, bantuan rendang ini ditargetkan terkumpul sebanyak 5 ton yang bakal dikumpulkan selama tiga pekan ke depan. “Kita sengaja merangkul ACT Padang untuk bisa menyalurkan bantuan rendang ini untuk saudara kita di Lumajang. Sebab, ACT ini sudah tersebar di seluruh wilayah di Indonesia,” ujar Fauzi Bahar.

Dikatakannya, ‎penggalangan bantuan rendang ini terhimpun dari ACT, Gebu Minang, PPM, Koperasi Wanita Ikaboga Padang dan lainnya. Sebelumnya, pihaknya juga telah pernah mengirimkan bantuan 1 ton rendang kepada warga Palu menjadi korban gempa beberapa waktu lalu.

“Kita sudah merasakan menjadi korban bencana gempa 2009 lalu, dimana sekecil apapun bantuan pasti kita harapkan dari saudara-saudara kita yang ada di daerah lain. Saat ini, saatnya kita harus membantu saudara kita di Lumajang dengan memberikan 5 Ton rendang ini, untuk bisa makan selama di pengungsian,” katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Padang, Aan Saputra, mengucapkan terima kasih kepada bapak Fauzi Bahar yang telah menyalurkan bantuan rendang ini kepada ACT Padang. “Tim kita saat ini sudah ada di lokasi. Saat ini berdasarkan laporan dari tim per 12 jam sudah ditemukan 14 orang dengan kondisi meninggal dunia,” kata Aan.

Aan mengatakan, akibat erupsi Gunung Semeru ini berdampak pada dua kabupaten, yakni, Malang dan Lumajang serta sepuluh kecamatan lainnya. “Saat ini berdasarkan data yang kita himpun, sudah ada 5700 pengungsi di sana. Data ini akan terus bergerak, sebab petugas masih bekerja keras di lapangan,” ujar Aan.

Sekretaris Koperasi Wanita Ikaboga Padang, Artiningsih, mengatakan bantuan rendang ini diberikan berupa kemasan siap saji dengan nilai jual Rp60 ribu dengan berat seperempat. Jadi kemasan ini isinya ada lima potong daging rendang, bisa untuk satu keluarga dengan ayah ibu serta tiga anak.

“Ke depan, kita juga akan membuka donasi untuk pembelian rendang siap saji ini dan dikirimkan ke Lumajang untuk korban erupsi Gunung Semeru,” tutur Artiningsih. ‎(rdr-007)

Exit mobile version