Ketua IDI: Jika Tak Ada Kasus COVID-19 Desember-Januari, Indonesia Bisa Masuk Fase Endemi

Ilustrasi krisis pandemi. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Ketua Terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) M Adib Khumaidi menilai kondisi di Indonesia saat ini sudah keluar dari kritis. Diharapkan Januari mendatang tak lagi ada peningkatan kasus COVID-19.

“Kita sekarang mudah-mudahan sudah masuk di dalam adaptive recovery, kita sudah keluar dari krisis, mudah-mudahan kita tidak kembali pada krisis,” tutur dr Adib dalam acara SARASEHAN NASIONALILUNIFKUI 2021, Minggu (12/12/2021).

“Yang harus kita siapkan adalah adaptive recovery dan resilience dari sistem kesehatan,” sambung dia.

Adib menilai jika tak ada peningkatan kasus COVID-19 di Desember hingga Januari, Indonesia bisa masuk fase endemi atau menjalani kondisi new normal. “Kalau di bulan Januari tidak ada peningkatan kasus kita masuk ke dalam kondisi new normal,” terangnya.

Seperti diketahui, kondisi Corona di Indonesia sudah jauh lebih baik dari puncak kasus COVID-19 Juli lalu. Angka positivity rate bahkan dalam beberapa waktu terakhir konsisten di bawah 1 persen, keterisian rumah sakit secara nasional tercatat rendah. Laporan kasus harian COVID-19 kerap berada di bawah seribu kasus.

Meski begitu, ancaman varian Omicron di dunia masih mengintai. Karenanya, pemerintah belakangan memperketat pintu masuk Indonesia dengan memperpanjang masa karantina menjadi 10 hari sebagai antisipasi masuknya Omicron. Kementerian Kesehatan RI hingga kini belum mencatat satupun kasus Omicron di Indonesia. Negara ASEAN yang mencatat Omicron ialah Malaysia, Singapura hingga Thailand. (detik.com)

Exit mobile version