Toyota Fortuner Baru segera Mengaspal di Indonesia, Usung Nama Fortuner Legender

Ilustrasi Toyota Fortuner Legender. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Toyota Fortuner merupakan salah satu mobil yang penjualannya laris di Indonesia. Kendaraan ini memiliki tampilan gagah, dan masuk ke dalam segmen sport utility vehicle atau SUV.

Selain desainnya yang keren, Fortuner juga dibekali dengan tiga baris kursi sehingga bisa menampung hingga tujuh orang. Harga yang ditawarkan lebih murah, ketimbang Toyota Land Cruiser yang dulu jadi andalan kaum kaya di Tanah Air. Hadir perdana sejak 2004, PT Toyota-Astra Motor baru satu kali melakukan perubahan besar pada kendaraan bongsor tersebut yakni pada 2015.

Sementara, penyegaran sudah dilakukan sebanyak dua kali. Mobil ini dibangun menggunakan platform Innovative International Multi-purpose Vehicle atau IMV, yang dipakai juga pada Innova serta Hilux. Sasisnya memakai konsep ladder frame, yang sudah terbukti tangguh melewati berbagai kondisi jalan.

Dari penelusuran di dokumen Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 40 tahun 2021, Senin 27 Desember 2021 diketahui bahwa TAM menyiapkan dua varian baru dari Fortuner yang digadang-gadang bakal meluncur awal tahun depan dan mengusung nama Fortuner Legender.

Perbedaan dari tipe yang sudah ada, yakni mobil SUV baru tersebut dibekali dengan jantung pacu mesin diesel berkapasitas 2.800cc. Satu tipe memakai penggerak dua roda, sementara yang satu lagi dirancang untuk melintasi medan berat berbekal penggerak empat roda.

Bocoran dari tipe baru ini sebelumnya sudah terlihat, saat TAM mendaftarkan emblem 2.8 di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Desain hurufnya memiliki beberapa sudut tajam, mirip dengan yang biasa dipasang di Fortuner. Dari data Permendagri, diketahui bahwa NJKB untuk Fortuner 2.800cc penggerak dua roda yakni sebesar Rp431 juta, sedangkan versi penggerak empat roda Rp554 juta.

Jika nanti resmi dipasarkan, maka ini akan menjadi tipe paling mahal dari model tersebut. Sebagai informasi, Toyota Fortuner yang mengusung mesin 2.800cc diesel sudah terlebih dahulu mengaspal di Thailand dalam wujud GR Sport. Dapur pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga 204 daya kuda dan torsi 500 Newton meter. (viva.co.id)

Exit mobile version