Kapolri Dorong Polda Bantu Pemda Tingkatkan Capaian Vaksinasi COVID-19

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegur sejumlah daerah yang capaian vaksinasinya belum mencapai 70 persen di akhir tahun 2021. Dia mendorong Kepolisian Daerah (Polda) membantu pemerintah meningkatkan capaian vaksinasi.

Listyo akan mengecek kembali 34 provinsi yang capaian vaksinasinya belum 70 persen hingga 31 Desember 2021. Ia berharap Polda bisa membantu pemerintah melakukan strategi untuk akselerasi capaian vaksinasi.

“Nanti kita juga sambung dengan 34 provinsi untuk mengecek wilayah yang pencapaiannya belum 70 persen. Kita harapkan semua bisa melakukan akselerasi, melakukan langkah-langkah, strategi-strategi agar kita bisa mengejar target yang diberikan pemerintah,” ujarnya usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Celebes Convention Centre (CCC) Makassar, Jumat (31/12).

Menurut dia, pengendalian penyebaran COVID-19 menjadi tantangan. Untuk itu, Sigit menegaskan pelaksanaan vaksinasi dan taat protokol kesehatan agar tak terpapar COVID-19, termasuk varian baru Omicron. “Kita betul-betul harus bisa menjaga dan menyelamatkan saudara-saudara kita, keluarga kita agar tidak terpapar varian-varian yang ada baik delta maupun omicron,” tuturnya.

Listyo juga memuji Pemprov Sulsel yang telah memenuhi target vaksinasi 70 persen untuk dosis pertama. Ia mengaku capaian tersebut merupakan kerja keras seluruh forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sulsel. “Saya ucapkan selamat kepada seluruh Forkopimda Sulsel yang telah bekerja keras, bersatu, bersinergi sehingga target 70 persen bisa tercapai,” kata dia.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, dr Arman Bausat menambahkan capaian vaksinasi secara kumulatif di Sulsel per pukul 6.30 Wita, 31 Desember 2021 yakni 70,84 persen. Ia menyebut capaian tersebut sudah melewati target yang diberikan pemerintah pusat. “Daya itu belum termasuk yang pelaksanaan vaksinasi hari ini. Harapan kami cakupan ini semakin bertambah,” tuturnya. (merdeka.com)

Exit mobile version