Banjir Lumpur di Aia Dingin Solok, 21 Rumah dan 88 Warga Terdampak

Banjir berlumpur di daerah Aia Dingin, Kabupaten Solok.

AIA DINGIN, RADARSUMBAR.COM – Banjir yang merendam pemukiman masyarakat terjadi di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (8/1/2022).

Data sementara, rumah yang terendam banjir ada 21 unit dan sebanyak 88 orang terdampak serta butuh selimut dan juga sembako.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Solok, Armen, mengatakan ada dua jorong yang terdampak dalam kejadian ini.

“Lokasinya ada di dua Jorong yang berlokasi di Nagari Aie Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumbar,” kata Armen.

Ia mengatakan, peristiwa ini terjadi akibat adanya hujan yang terjadi sejak pagi hari dan berlangsung sampai sore harinya.

“Untuk saat ini hujan sudah berhenti dan diharapkan hujan tidak kembali turun,” katanya.

Kata dia, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. “Lokasinya ini banyak terdapat galian C. Jadi memang sering longsor karena materialnya sering turun,” katanya.

Dikatakannya, bukit yang ada lokasi ini diduga mudah longsor akibat adanya galian C. “Tadi ada jalan yang tertimbun material dan sekarang diperkirakan sudah dapat dilewati kembali,” katanya.

Ia menduga lokasi ini rawan longsor karena tanah yang ada di galian C mudah dibawa air saat turun hujan. “Karena banyak galian C di sana. Rumah masyarakat tergenang air saja,” katanya. (rdr)

Exit mobile version