Fakultas Kedokteran Unand Gelar Pekan Ilmiah Mahasiswa Pertama

Kegiatan event Pekan Ilmiah Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang ke 1 langsung dibukak oleh Wakil rektor Universitas Andalas III Ir. Insanul Kamil yang didampinggi oleh Dekan Falkultas Kedokteran Dr. dr. Afriwardi dengan dipukulnya talempong.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Dalam rangka meningkatkan eksistensi dan mewujudkan misi Fakultas Kedokteran (FK) Unand dalam melaksanakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan Kedokteran dan Kesehatan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, digelar iven Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang pertama.

Ini sebagai wadah mahasiswa menampilkan hasil kreativitasnya dalam bidang ilmiah program studi pendidikan dokter, program studi S1 kebidanan dan program studi psikologi. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor III Unand Ir. Insanul Kamil yang didampingi oleh Dekan Falkultas Kedokteran Dr. dr. Afriwardi yang ditandai dengan dipukulnya talempong.

Wakil Rektor (WR) III, Ir. Insanul Kamil menjelaskan kepada Radarsumbar.com, dia sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dalam kegiatan event Pekan Ilmiah Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang pertama ini.

“Kita tahu, karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa dan mahasiswi sangat berharga sekali. Dengan adanya perlombaan ini, karya ilmiah yang dibuat bisa dilihat masyarakat dan umum. Nantinya, dia pun akan mengadakan lomba yang sama namun antar Fakultas di Universitas Unand,” ujarnya.

Dijelaskannya lagi, memang Unand sedang mendorong seluruh kajian Akademik atau riset mahasiswa dan mahasiswi itu dikontesasikan. Fakultas Kedokteran sudah membuatnya dan melombakannya, ini program memang luar biasa. “Nantinya setiap kajian para mahasiswa akan kita lombakan dan kita pajang,” ujarnya.

Terpisah, Dekan FK Unand, Dr. dr. Afriwardi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa agar dapat saling berkomunikasi, memaparkan karya ilmiah yang kreatif dan inovatif melalui publikasi artikel dan karya poster ilmiah yang dipublikasikan kepada masyarakat luas, khususnya civitas akademika Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

“Acara ini diharapkan menjadi ajang kompetisi bergengsi bagi mahasiswa di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dari segala bidang ilmu untuk memfasilitasi dan mengembangkan kreatifitas dalam membuat karya visual berbentuk poster yang informatif dan menyajikan wawasan berdasarkan hasil tinjauan pustaka dan karya tulis ilmiah,” ujarnya.

Pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) merupakan hal pertama yang dilakukan pada Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Kegiatan ini digelar Senin (7/2/2022) di Hall Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Kegiatan ini secara luring dengan memperhatikan protokol Kesehatan dan diikuti oleh seluruh mahasiswa peserta yudisium 1 tahun 2022.

“Setiap mahasiswa akan mempresentasikan poster hasil penelitiannya dan artikel yang akan dipublikasikan dalam e-prosiding yang ber-ISBN. Presentan terbaik menurut juri akan mendapatkan berbagai hadiah yang menarik,” kata Ketua pelaksana PIM FK Unand Ulfa Farrah Lisa.

Dia mengatakan, ada 137 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran yang terdiri dari jursan kedokteran, jurusan kebidanan, Ia juga menambahkan para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai sebagai bentuk apresiasi atas hasil dari karya ilmiahnya.

Ulfa juga mengatakan hasil dari karya tersebut para mahasiswa nantinya akan dikumpulkan dan dapat diakses oleh masyarakat luas sebagai bahan rujukan untuk masyarakat. (rdr-007)

Exit mobile version