Peringatan Bulan K3, Pelindo Regional 2 Teluk Bayur Gelar Donor Darah dan Gathering Media

Donor darah di Pelindo Regional 2 Teluk Bayur.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 2 Teluk Bayur menggelar kegiatan donor darah. Donor darah dilakukan dalam memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2022.

Kegiatan berlangsung di Gedung Baruna Sasana Karya (BSK), Teluk Bayur, Kamis (10/2/2022). Donor darah terselenggara atas kerjasama dengan dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Barat.

General Manager Pelindo Regional 2 Teluk Bayur, Nunu Husnul Khitam diwakili Pelaksana Harian (PLH) General Manager Sabar Hariono Wibowo mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya mengangkat tema “Berbagi Sehat Antar Sesama Dalam Rangka Bulan Bakti K3 Bersama Pelindo Group Regional 2 Teluk Bayur dan PMI Sumatera Barat”.

Ditargetkan akan diikuti sebanyak 250 peserta yang berasal dari pegawai internal perusahaan, mitra kerja, serta unsur stakeholder yang tergabung dalam komunitas Masyarakat Maritim Teluk Bayur, diantaranya seperti KSOP Kelas II Teluk Bayur, Lantamal II Padang, Kodim 0312 Padang, dan Disnakertrans Provinsi Sumatera Barat.

“Kegiatan donor darah yang dilaksanakan dalam rangka merupakan bentuk nyata perusahaan dalam membantu PMI sekaligus meningkatkan rasa kepedulian sosial kepada sesama,” katanya.

Dia menambahkan, di tengah situasi pandemi Covid-19 yang menyebabkan ketakutan masyarakat untuk mendonorkan darahnya sehingga berdampak juga terhadap penurunan ketersediaan darah bagi masyarakat.

Selanjutnya Sabar menerangkan, bahwa bulan K3 Nasional jangan hanya dimaknai dengan kegiatan donor darah saja namun harus lebih dimaknai dengan semangat dalam menerapkan kegiatan K3 dalam pekerjaan sehari-hari. “Dengan terus menambah pengetahuan, kesadaran, serta kepatuhan norma-norma keselamatan dan kesehatan kerja,” katanya

Terlebih, industri kepelabuhanan merupakan salah satu industri yang memiliki potensi risiko kecelakaan kerja cukup tinggi, sehingga kesadaran serta kepatuhan norma-norma keselamatan dan kesehatan kerja merupakan hal yang sangat fundamental dan perlu menjadi concern bagi seluruh pihak terkait.

“Direksi PT Pelindo (Persero) sendiri sejauh ini sangat concern dan care terhadap implementasi K3 di seluruh cabang pelabuhan termasuk di wilayah Regional 2 Teluk Bayur.”

“Hal inilah yang terus memotivasi jajaran manajemen PT Pelindo (Persero) Grup Regional 2 Teluk Bayur untuk menerapkan K3 secara sungguh-sungguh khususnya pada seluruh kegiatan operasional, terlebih di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini,” lanjut Sabar.

Sebagai bukti pencapaian, sepanjang tahun 2021 lalu PT Pelindo (Persero) Regional 2 Teluk Bayur memperoleh penghargaan diantaranya yakni Pelindo 2 Covid-19 Award Kategori Silver, Zero Accident Award dari Gubernur Sumatera Barat dan Zero Accident Award dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) Republik Indonesia.

Dirinya juga atas nama manajemen PT Pelindo (Persero) Regional 2 Teluk Bayur mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah memberi dukungan sehingga berbagai torehan prestasi di bidang K3 tersebut berhasil dicapai sepanjang tahun 2021 lalu.

Selain kegiatan donor darah, Pelindo Regional 2 Teluk Bayur juga menggelar Media Gathering dalam rangka bulan bakti K3 Nasional 2022 yang diikuti beberapa perwakilan media massa di Sumbar baik cetak, online dan elektronik. Menurut Sabar, peran media massa saat ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

“Pelindo Regional 2 Teluk Bayur sangat berterima kasih atas kontribusi rekan media dalam membantu kami mempublikasikan pemberitaan positif terkait program dan kegiatan perusahaan selama ini dan telah menjadi bagian penting dari perkembangan perusahaan,” katanya. (rdr)

Exit mobile version