Jokowi: Ekspor Mobil ke Australia 75 Persen Pakai Produk Lokal

Deretan mobil Toyota siap dikapalkan di pelabuhan di Tanjung Priok Car Terminal. (Foto: TMMIN)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas ekspor perdana mobil Toyota buatan Indonesia ke Australia pada Selasa, 15 Februari 2022. Australia menjadi benua keempat tujuan ekspor mobil secara utuh dari Indonesia setelah Asia, Amerika, dan Afrika.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengaku senang dan bangga bahwa produk yang akan diekspor ini memiliki komponen lokal sebanyak 75 persen. Tentunya ini akan banyak membawa dampak positif bagi Indonesia.

“Saya senang juga bahwa kandungan lokalnya TKD-nya sudah lebih dari 75 persen, local purchase-nya dan banyak komponen banyak spare part dan juga aksesoris-aksesoris yang ada di dalam mobil itu di-supply dari industri-industri UKM kita,”kata Jokowi Selasa 15 Februari 2022.

Jokowi mengungkapkan, jumlah mobil yang diekspor perdana ini ada sekitar 2 juta unit. Menurut Jokowi, komponen mobil yang sebagian besar didapat dari Indonesia akan berpengaruh bagi pertumbuhan ekonomi khususnya bagi para pelaku UKM. “Ini juga sangat baik untuk menghidupkan usaha-usaha kecil yang ada di negara kita,” ujarnya. Adanya penambahan pasar ekspor ini, kata Jokowi, membuktikan bahwa Indonesia memiliki SDM yang unggul dalam produksi mobil.

“Ini juga membuktikan SDM-SDM indonesia memiliki kualifikasi yang baik di dalam memproduksi mobil. Sangat teliti, sangat cermat sangat hati-hati karena ini menyangkut keselamatan orang,” ujarnya. (viva.co.id)

Exit mobile version