Pulihkan Trauma Korban Gempa, Polda Sumbar Terjunkan Personel ke Pasaman-Pasbar

Korban gempa berlindung di tenda pengungsian di halaman Kantor Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat, Sabtu (26/2/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/foc)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat mengerahkan tim pemulihan trauma ke tempat-tempat pengungsian di Kabupaten Pasaman dan Pasaman barat untuk membantu korban gempa.

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat Irjen Pol Teddy Minahasa Putra di Padang, Senin (28/2/2022), mengatakan bahwa tim pemulihan trauma sudah mulai bekerja di tempat-tempat korban gempa mengungsi.

Ia mengemukakan bahwa upaya pemulihan trauma secara kolektif belum bisa dilaksanakan karena keterbatasan fasilitas pendukung di lokasi pengungsian. “Sedangkan untuk trauma healing (pemulihan trauma) harus di tempat-tempat yang layak, yang membuat suasana psikologi nyaman,” kata dia.

Di samping menyediakan layanan pemulihan trauma, kepolisian memberikan bantuan berupa bahan pangan pokok kepada warga yang terdampak gempa.

Gempa dengan magnitudo 6,1 yang terjadi di wilayah Kabupaten Pasaman Barat pada Jumat pagi (25/2/2022) telah menyebabkan 11 orang meninggal dunia, 42 orang luka berat, dan 346 orang luka ringan menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Minggu (27/2/2022).

Selain itu gempa menyebabkan kerusakan bangunan rumah dan fasilitas umum serta memaksa sekitar 13 ribu orang mengungsi. (ant)

Exit mobile version