Bangun Huntara untuk Korban Gempa, Forum Insinyur Muda PII Wilayah Riau Galang Donasi

Ketua Forum Insinyur Muda PII Wilayah Riau Ulul Azmi menyerahkan bantuan kepada korban gempa Pasbar. (IST)

SIMPANG EMPAT, RADARSUMBAR.COM – Usai memberikan bantuan untuk korban gempa bumi di Pasaman dan Pasaman Barat, Forum Insinyur Muda Pll Wilayah Riau yang dipimpin Ulul Azmi mengajak relawan dan donatur untuk membangun rumah hunian sementara (huntara) bagi korban gempa bumi dan longsor di Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman.

“Mari kita bersama-sama meringankan beban saudara kita yang rumahnya hancur karena gempa. Peranan kita bersama dalam membantu masyarakat di Kecamatan Tigo Nagari khususnya di Nagari Malampah sangatlah berarti. Untuk itu kita mengajak para relawan dan donatur bersama-sama membantu membuat rumah hunian sementara untuk korban bencana,” ungkap putra asal Kabupaten Pasaman itu, Senin (7/3/2022)

Ia mengatakan, dana donasi yang terkumpul saat ini dari donatur baik dari FIM PII Riau, FIM PII Pusat, dan donatur lainnya rencananya akan dibangun untuk membuat huntara dengan spesifikasi ukuran 3 meter x 4 meter, berbahan kayu, triplek dan terpal.

Ia menyebut, sementara donasi yang terkumpul baru bisa membangun 4 unit huntara dengan estimasi biaya per unit sebesar Rp2,5 juta. “Semoga donasi yang terkumpul melebihi dari apa yang kami targetkan bersama rekan-rekan dan bisa memotivasi para relawan serta donatur untuk membangun huntara ini,” tuturnya.

Ia mengaku sudah menghubungi Ketua Forum Insinyur Muda PII Pusat Haudhi Ramdayuza. Haudhi mengaku sangat mendukung rencana tersebut. PII Forum Insinyur Muda PII Pusat katanya juga akan ikut memberikan donasi. “Selain sudah berkoordinasi dengan pengurus pusat, kami juga sudah berkoordinasi dengan Pemkab Pasaman dan Anggota DPRD Pasaman Rahmi Wahidah. Jika sudah ada informasi soal titik lokasi pembangunan huntara tersebut, kami akan langsung membangun huntara,” terangnya.

Ia menegaskan pihaknya masih menerima uluran tangan dari donatur untuk membantu pembangunan huntara ini. “Silakan bagi donatur yang berminat silakan bisa hubungi kami ke instagram @fimpii.riau. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi para korban gempa,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Pasaman Benny Utama mengapresiasi bantuan yang digagas Forum Insinyur Muda PII Wilayah Riau. “Mudah-mudahan itu dapat diwujudkan oleh tokoh muda Sumbar asal Pasaman Ulul Azmi bersama rekan-rekannya,” harapnya.

Menurutnya, upaya berbagai pihak memberikan bantuan untuk korban gempa, dapat meringankan beban masyarakat di Pasaman. “Semoga apa yang dilakukan oleh donatur dan para relawan ini dapat memotivasi lebih banyak lagi orang untuk berbuat baik,” tuturnya. (rdr-007)

Exit mobile version