Gempa 6,9 SR Goyang Sumbar, Badrul: Bagian Megathrust Mentawai

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Gempa bumi berkekuatan cukup besar menggoyang Kota Padang dan Sumbar atau Sumatra umumnya, Senin (14/3/2022) sekitar pukul 04.09 WIB. Hampir semua Kabupaten/Kota di Sumbar bergoyang dan warga pun berhamburan ke luar rumah jelang Subuh itu. 

Dari Informasi gempabumi No.:0417-14/infogempa/InaTEWS/03/2022 diketahui telah terjasi gempa 6,9 SR dibLintang 0.71 LS, Bujur: 98.50 BT dengan Kedalaman 25 Km di Selatan Pulau Sumatra. Tepatnya 161 km Tenggara Nias Selatan, Sumut. 173 km Barat Daya Pasbar, Sumbar. 176 km Barat Daya Agam.  237 km Barat Laut  Kota Padang. Diseburkan, Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Namun, pakar gempa dari Universitas Andalas (Unand) Padang Dr Badrul Mustafa mengatakan, gempa pagi ini bagian megathrust Mentawai segmen Siberut, beririsan dengan segmen Nias. 

“Dengan kekuatan 6,9 SR, berpotensi tsunami. Tapi in syaa Allah tidak besar, karena rupture batuan mudah-mudahan tidak besar,” kata dosen Unand Padang ini. 

Badrul juga meminta semua pihak agar hati-hati. “Tapi kita harus hati-hati, walau tsunaminya berpotensj kecil.  Kecil untuk pesisir Sumatra, tapi cukup besar untuk Siberut Utara, Kepulauan Mentawai,” katanya. (rdr)

Exit mobile version