Kali Kelima, Finlandia Dinobatkan jadi Negara Paling Bahagia 2022

Negara Finlandia. (net)

FINLANDIA, RADARSUMBAR.COM – Finlandia kembali menjadi negara paling bahagia di dunia. Tahun 2022 menjadi kali kelimanya bagi Finlandia untuk mendapatkan predikat dari World Happiness Report tersebut.

World Happiness Report merupakan laporan yang dikeluarkan oleh Sustainable Development Solutions Network untuk PBB. Laporan ini selalu dikeluarkan jelang Hari Kebahagiaan Sedunia yang jatuh pada setiap 20 Maret.

Laporan ini memeringkatkan seluruh negara di dunia berdasarkan beberapa variabel kunci yang dinilai menjadi faktor kebahagiaan. Di antaranya pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup sehat, dukungan sosial, dan kemurahan hati.

Yang menarik dari penemuan tahun ini adalah meningkatnya faktor kemurahan hati secara global meski dunia tengah gelisah akibat pandemi COVID-19.

“Kejutan besar dalam penelitian ini adalah bahwa secara global telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam bentuk-bentuk kebajikan,” ujar John Helliwell, salah satu dari editor laporan tersebut, melansir CNN.

Menyumbang untuk amal, membantu orang asing atau tak dikenal, dan menjadi sukarelawan menjadi ketiga bentuk kebajikan yang mengalami peningkatan.

Titik terang lainnya dalam laporan tahun ini adalah bahwa kekhawatiran dan stres ditemukan menurun di tahun kedua pandemi COVID-19.

“Saya pikir itu adalah karena orang-orang tahu lebih banyak tentang apa yang mereka hadapi di tahun kedua,” ujar Halliwell.

Finlandia sendiri telah bertahun-tahun dikenal sebagai negara paling bahagia di dunia. Masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, posisi Finlandia disusul oleh negara Nordik lainnya seperti Denmark dan Islandia di posisi ke-2 dan ke-3. (rdr/cnnindonesia.)

Berikut daftar lengkap 20 negara paling bahagia di dunia tahun 2022.

1. Finlandia
2. Denmark
3. Islandia
4. Swiss
5. Belanda
6. Luksemburg
7. Swedia
8. Norwedia
10. Selandia Baru
11. Austria
12. Australia
13. Irlandia
14. Jerman
15. Kanada
16. Amerika Serikat
17. Inggris Raya
18. Ceko
19. Belgia
20. Prancis.

Exit mobile version