Gubernur Sumbar Kembali Pakai Mobnas yang Jadi Polemik, Padahal Sudah Dilarang Dewan Syuro PKS

Mobil dinas baru itu dikembalikan ke Gubernur Mahyeldi karena kasus Covid-19 di Sumbar sudah menurun atau melandai.

Mobil dinas Gubernur Sumbar yang sempat diserahkan kepada Tim Satgas Covid-19 karena jadi polemik. Tapi, sebulan belakangan digunakan lagi karena Covid disebut sudah melandai.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Merasa warga sudah lupa dengan polemik mobil dinas (Mobnas), Gubernur Sumbar Mahyeldi terlihat kembali menggunakan mobil dinas (Mobnas) tersebut. Padahal sebelumnya, mobil Pajero Sport Dakkar Ultimate itu sudah diserahkan ke Satgas Covid-19.

“Mobil dinas itu sudah diserahkan kembali ke Gubernur. Bahkan, mobil itu sudah beberapa bulan terakhir digunakan sesuai fungsinya,” ujar Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar Syefdinon, Senin (28/3/2022) saat dihubungi wartawan.

Syefdinon mengatakan, mobil dinas baru itu dikembalikan karena kasus Covid-19 di Sumbar sudah menurun atau melandai. Tentu hal ini dikembalikan kepada Ketua DPW PKS Sumatera Barat itu sesuai dengan fungsinya.

“Jika seandainya kasus Covid-19 di Sumbar naik lagi, akan dikembalikan lagi ke Satgas,” katanya.

Dijelaskannya, pengadaan mobil dinas baru Gubernur sebenarnya sudah direncanakan di tahun anggaran 2020 dan Gubernur tidak mengetahui akan mendapatkan mobil dan lainnya.

“Kemudian di proses pembagian itu sesuai dengan peruntukannya. Saya rasa tidak ada yang salah terkait itu,” ujarnya.

Syefdinon mengatakan, lantaran mendapat kritikan dan persoalan di tengah-tengah masyarakat, Gubernur akhirnya berinisiatif untuk digunakan mobil dalam rangka penanganan corona ke Satgas Covid-19 Sumbar.

Untuk diketahui, mobnas Gubernur itu dibeli saat pandemi Covid-19 pada Agustus 2021 lalu. Saat itu, masyarakat menjerit perekonomiannya karena Covid-19, namun Gubernur malah gagah-gagahan membeli mobil baru, yang dinilai tidak memiliki sense of crisis sebagai kepala daerah.

Setelah menuai kritikan Gubernur akhirnya menyerahkan mobnas ke Satgas Covid-19 untuk operasionalnya. Mahyeldi menjelaskan mobnas baru dengan anggaran sekitar Rp1,4 miliar itu digunakan untuk menunjang penanganan COVID-19.

Disebut Mahyeldi, penyerahan mobnas kepada Tim Satgas Covid-19 Sumbar itu adalah arahan dari Ketua Majelis Syura PKS, Doktor Salim Segaf al Jufri dan Mahyeldi mengatakan menggunakan mobil pribadi untuk kebutuhan pelayanan kepada masyarakat.

Secara simbolis, mantan Wali Kota Padang yang juga Ketua DPW PKS Sumatera Barat itu juga menyerahkan kunci mobil Pajero Sport Dakkar Ultimate kepada Plh Kalaksa BPBD Sumbar, Mulyadi, yang juga Sekretaris Satgas Covid-19 Sumbar pada 19 Agustus 2021 lalu. (rdr)

Exit mobile version