Loyalitas Bantu Korban Gempa, Tokoh Muda Pasaman Ulul Azmi Digadang jadi Pemimpin Masa Depan

Ulul Azmi menyambangi korban gempa di Pasaman. (IST)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Gempa bumi bermagnitudo 6,1 mengguncang Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat pada 25 Februari 2022 lalu. Sejumlah fasilitas umum dan rumah penduduk rusak. Banyak warga yang jadi korban, terpaksa mengungsi.

Kondisi ini pun mengundang empati. Salah satunya dari Ketua Forum Insinyur Muda Persatuan Insinyur Indonesia (FIM PII) Wilayah Riau, Ulul Azmi. Tokoh muda Sumatera Barat asal Pasaman yang selama ini berkarir di Provinsi Riau itu, pun menggalang donasi.

Sejumlah bantuan langsung diantarkan Wakil Ketua V Karang Taruna Pasaman ini, satu hari setelah gempa terjadi. Ada sembako, dan kebutuhan lainnya yang diperlukan para korban gempa.

Tak hanya itu, ia pun menggalang donasi dari berbagai pihak. Dana yang terkumpul lalu dibuatkan hunian sementara (huntara) untuk korban gempa.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Pasaman Abdi Yusran pun memberi apresiasi. Ia mengatakan, Ulul Azmi ada saat orang lain membutuhkan. “Ini kader Karang Taruna Kabupaten Pasaman yang akan menjadi pemimpin besoknya.

Dengan kerendahan hati, ia menghubungi saya untuk mengabdi di kampung halaman. Lalu saya bilang, inilah saatnya Bang Ulul mengabdi karena masyarakat Pasaman membutuhkan pertolongan Bang Ulul,” ungkap Abdi Yusran.

Ia menilai, Ulul adalah contoh anak muda milenial yang pintar. “Kami bangga punya tokoh muda seperti Bang Ulul,” tuturnya.

Ketua Ikatan Keluarga Pasaman-Pasaman Barat Riau, Darmansyah Malik juga memuji kepedulian Ulul Azmi. Ia mengaku salut dengan loyalitas Ulul Azmi yang tiada henti membantu warga Pasaman Barat yang terdampak gempa.

“Sebelum dia berangkat ke kampung halamannya, ia terlebih dulu menggalang donasi untuk korban gempa. Karena ia banyak kenal dengan pengusaha di Riau, alhamdulillah banyak bantuan yang mampu ia kumpulkan,” terangnya.

Ia menilai, sosok seperti Ulul pantas menjadi pemimpin di Kabupaten Pasaman nanti. Selama ini, katanya Ulul juga banyak membantu membawa pariwisata Pasaman di tingkat nasional.

Terpisah, Sekretaris Partai Golkar Pasaman M. Mardinal mengaku salut dengan semangat Ulul Azmi yang pantang menyerah membantu para korban gempa Pasaman.

“Saya perhatikan, ia telaten. Satu per satu korban gempa didatangi, ditanyai apa yang masih dibutuhkan. Kemudian, ia juga sudah membangun huntara untuk korban gempa,” jelasnya.

Ia melihat Ulul Azmi punya karisma menjadi pemimpin. “Terima kasih Pak Ulul Azmi atas bantuan untuk masyarakat kami yang menjadi korban gempa ,kami mengapresiasi apa yang Bapak berikan,” ujarnya. (rdr-007) 

Exit mobile version