Pertahankan Tradisi Sambut Ramadhan, Warga Padang Besi Kota Padang Malamang

Warga Padang Besi Kota Padang mengadakan kegiatan malamang untuk menyambut Ramadhan. (IST)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Warga Kelurahan Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang melaksanakan kegiatan malamang menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H, Rabu (30/3/2022).

Tradisi malamang dilakukan dengan cara, membakar ketan yang dimasukan ke dalam bambu dilapisi daun pisang muda diberi santan dengan sedikit bumbu dan dikerjakan dengan membakar pakai api.

Lurah Padang Besi Waluyo Yuwono mengatakan malamang merupakan tradisi turun temurun. “Kali ini dilaksanakan di Kantor Lurah Padang Besi,” kata lurah dilansir infopublik.id.

Menurutnya, kegiatan malamang ini disambut antusias dan didukung anggota DPRD Kota Padang Miswar Jambak, LPM, RW, RT, tokoh masyarakat serta ASN di lingkungan Lubuk Kilangan. “Kegiatan malamang ini adalah kali kedua. Sebelumnya pada 28 Maret lalu dilaksanakan oleh ibu-ibu Bukit Ateh Kelurahan Padang Besi,” jelas lurah.

Ia menambahkan, kegiatan ini turut dihadiri Camat Lubuk Kilangan Elfian Putra Ifadi. “Kita akan selalu berusaha berkolaborasi bersama masyarakat mendukung kegiatan yang positif agar masyarakat merasakan pemerintahan kelurahan itu ada di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Camat Lubuk Kilangan Elfian Putra Ifadi mengapresiasi kebersamaan yang luar biasa antara masyarakat, tokoh masyarakat dan ASN kelurahan. “Mereka saling bahu membahu, bekerja sama untuk melaksanakan kegiatan malamang ini,” ujar camat. (*/rdr)

Exit mobile version