Malam Ini Mulai Shalat Tarawih, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Padang Besok Sudah Puasa

Ilustrasi shalat tarawih. (net)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang, Sumatera Barat mulai melaksanakan salat tarawih perdana pada malam ini. Itu artinya, terhitung Jumat besok seluruh Jemaah Naqsabandiyah ini, sudah memulai ibadah puasa.

“Ya, malam ini kita sudah mulai salat tarawih. Besok (Jumat) sudah puasa,” kata Sekretaris tarekat Naqsabandiyah Padang Edizon Revindo, Kamis 31 Maret 2022.

Edizon Revindo menjelaskan, dalam menentukan jatuhnya bulan suci Ramadhan, Tarekat Naqsabandiyah berpedoman kepada penghitungan Hisab Qomariyah dalam Kitab Munjid. Dimana, permulaan puasa dihitung lima hari setelah awal puasa pada tahun sebelumnya.

“Tahun sebelumnya, awal puasa dilakukan pada hari Senin. Sehingga, di tahun ini akan dimulai pada hari Jumat. Ibadah puasa tahun ini dilaksanakan selama 30 hari penuh. Kita tidak pernah melaksanakan ibadah puasa kurang dari 30 hari,” ujar Edizon.

Menurut Edizon, Selain kota Padang, Jemaah di beberapa wilayah di Sumatra Barat seperti di Kabupaten Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan dan Kota Solok, juga melaksanakan ibadah puasa pertama di hari Jumat. Sementara, terkait jatuhnya raya Idul Fitri 1443 Hijriah, menurut akan jatuh pada hari Minggu 1 Mei 2022.

“Meski demikian, ada juga yang memulai ibadah puasa sesuai dengan hitungan mereka masing-masing, jadi tidak sama seluruhnya,” kata Edizon Revindo. (rdr/viva.co.id)

Exit mobile version