BBPOM Lakukan Pengawasan Panganan Berbuka di Pasar Raya Padang

Bahan-bahan berbahaya yang selalu diawasi itu seperti Boraks, Rhodamine-B, Formalin dan Merkuri.

Pengecekan sampel makanan BBPOM di Padang.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang, lakukan pengawasan terhadap panganan dan bahan untuk berbuka puasa di kawasan Pasar Raya, Kota Padang, Kamis (7/4/2022).

Koordinator Substansi Pengujian BBPOM di Padang, Hilda Murni menyampaikan, pihak terus tiap tahun melakukan pengawasan terhadap panganan berbuka puasa ini dari bahan-bahan berbahaya.

Bahan-bahan berbahaya yang selalu diawasi itu seperti Boraks, Rhodamine-B, Formalin dan Merkuri. Dan untuk tahun ini sudah mulai agak jarang ditemukan atau trennya sudah mulai ada penurunan.

“Masyarakat sudah mulai sadar dalam penggunaan bahan-bahan berbahaya tersebut,” ungkapnya.

Ia menyebutkan kalau tahun sebelumnya ada ditemukan Boraks, ditemukan di kerupuk nasi, kemudian Rhodamine-B pada Cendol Dalimo Formalin pada tahu, nah tahun ini itu yang selalu diawasi.

Kemudian kata Hilda, pada bulan suci Ramadan tahun ini, pihaknya tidak hanya melakukan pengawasan ‘Pasa Pabukoan’ di Kota Padang, namun kegiatan serupa juga berlangsung di sejumlah Kabupaten dan Kota di Sumbar.

“Daerah yang tidak bisa kita dampingi, langsung Dinas Kesehatan setempat yang melakukan, kemudian setelah dilakukan koordinasi dan mereka laporkan kepada kami,” katanya. (rdr)

Exit mobile version