Ada Truk Terguling dan Tumpahkan CPO di Sitinjau Lauik, Akses Padang-Solok Terputus 7 Jam

Proses evakuasi truk terguling dan tumpahan CPO di kawasan Sitinjau Lauik. (IST)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Satu unit truk tangki mengangkut minyak mentah atau CPO terguling di kawasan Panorama I Sitinjau Lauik, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Selasa (12/4/2022) malam. Akibatnya akses jalan Padang-Solok tersebut terputus sampai tujuh jam dikarenakan truk melintang di jalan. Ditambah lagi kondisi jalan menjadi licin karena minyak mentah bertumpahan di jalan.

Akses jalan di lokasi itu baru bisa dilalui pagi tadi setelah berbagai pihak terkait bahu membahu mengevakuasi truk dan membersihkan tumpahan minyak mentah di jalan.

Kapolsek Lubuk Kilangan Kompol Lija Nesmon menjelaskan, kecelakaan bermula ketika truk tangki BA 8951 AU yang dikemudikan Muhammad Budi (46) warga Padangpariaman melaju dari arah Solok menuju Padang. Ketika sampai di lokasi truk yang membawa minyak mentah tersebut, terguling dan menghantam tembok pembatas. Insiden itu diduga karena terjadi kerusakan pada komponen truk.

“Melihat kejadian itu, beberapa orang personel Pos Kamling Jalan Raya (PKJR) yang berada di lokasi langsung melakukan pertolongan terhadap sopir yang masih berada di dalam kabin mobil. Sopir mengalami lecet di tangan dan kaki. Sedangkan muatan truk berupa CPO tumpah ke jalan yang mengakibatkan arus lalu lintas Padang-Solok terputus total karena tidak bisa dilalui akibat kondisi jalan yang sangat licin,” terang Lija, Rabu (13/4/2022) siang.

Kemudian kata Lija, mendapat laporan kejadian tersebut, personel Polsek Lubuk Kilangan dibawah pimpinan Kanit Lantas Iptu Tarmizi langsung ke TKP untuk mengamankan situasi dan mengatur arus lalu lintas hingga proses evakuasi truk selesai.

“Pada pukul 20.00 WIB, personil Satlantas Polresta Padang dibawah pimpinan Ipda Fajri sampai di lokasi untuk melakukan upaya pembersihan tumpahan CPO dan melakukan evakuasi terhadap truk,” bebernya.

Tak sampai disitu kata kapolsek, sekitar pukul 21.00 WIB, tibalah 1 unit mobil damkar dari Semen Padang untuk menyemprot tumpahan CPO di badan jalan.

“Pada pukul 01.30 WIB, Jalan Padang-Solok telah bisa dilewati oleh kendaran di kedua arah. Kasus ini sudah diserahkan ke Unit Lakalantas Polresta Padang,” terangnya. (rdr-007)

Exit mobile version