Bupati Apresiasi Pelaksanaan Pesantren Ramadhan Lansia di Dharmasraya

Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan (dua kanan). (Antara/Ilka Jensen)

PULAUPUNJUNG, RADARSUMBAR.COM – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengapresiasi pelaksanaan Pesantren Ramadhan lanjut usia (Lansia) dalam rangka memberdayakan mereka agar tetap produktif di usia lanjut.

“Saya mengapresiasi LKLU Dharmasraya dan TBM Anugerah yang telah menginisiasi acara ini. Ini adalah salah satu kiat yang tepat untuk memberdayakan para lansia kita untuk tetap potensial,” katanya di Pulaupunjung, Selasa (19/4/2022).

Menurut dia meski tidak lagi dalam usia produktif, warga lanjut usia (lansia) diyakini masih dapat memberikan kontribusi positif di tengah-tengah masyarakat.

Hal ini perlu dilakukan yakni pendampingan dari pihak terkait untuk menyalurkan semua potensi para lansia tersebut sesuai dengan karakteristik masing-masing, salah satunya melalui pesantren lansia.

Ia mengatakan para lansia tidak boleh disisihkan dalam pergaulan masyarakat. Pasalnya banyak ilmu dan pengalaman lansia masih relevan diserap dan diterapkan dalam kondisi kekinian .

Lebih lanjut dijelaskannya, pesantren lansia tidak saja untuk mengisi waktu luang, akan tetapi juga mengoptimalkan kembali kemampuan mengasah otak agar faktor kepikunan yang sering dialami dapat diminimalisir.

“Melalui pesantren lansia ini mari kita ubah cara berfikir bahwa lansia tidak lagi mempunyai potensi untuk berkembang,” kata Sutan Riska.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya ke depan akan memberikan perhatian khusus melalui kebijakan yang berpihak kepada lansia. Sehingga dapat memberikan pelayanan untuk mewujudkan dan memelihara taraf kesejahteraan sosialnya. (rdr/ant)

Exit mobile version