Keren! Tiga Nagari di Tanahdatar Masuk Nominasi 500 Desa Wisata Terbaik Nasional 2022

Masjid Islah salah satu wisata religi di Nagari Tuo Pariangan yang berusia ratusan tahun. (Antara/Dokumen Etri Saputra)

BATUSANGKAR, RADARSUMBAR.COM – Tiga nagari di Kabupaten Tanahdatar, Sumatera Barat berhasil masuk 500 besar nasional Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) pada 2022.

“Alhamdulillah pada tahun ini, tiga nagari di Tanahdatar kembali masuk nominasi 500 desa wisata terbaik nasional dari 83.000 desa di Indonesia,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Tanah Datar Efrison di Batusangkar, Kamis (21/4/2022).

Tiga nagari yang masuk desa wisata tersebut adalah Nagari Tuo Pariangan, Andaleh Nagari Bungo, dan Desa Wisata Aua Sarumpun.

Efrison mengharapkan tiga nagari tersebut bisa masuk ke 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, menyusul Nagari Sumpu, Kecamatan Batipuh Selatan yang meraih 50 Besar ADWI 2021.

Capaian tersebut juga diharapkan bisa memotivasi nagari lain di Tanah Datar untuk berani tampil, menggali, dan mengembangkan potensi wisata mereka untuk semakin berkembang.

Hal tersebut juga sejalan dengan program unggulan Tanah Datar yaitu satu nagari satu even. “Kita berharap ADWI ini memotivasi nagari-nagari lain di Tanah Datar untuk menggali dan mengembangkan potensi wisatanya,” katanya.

Ia juga mengatakan sebelumnya terdapat enam desa wisata yang didaftarkan pada ADWI 2022 yang dilaksanakan Kemenpar Ekraf, namun hanya tiga destinasi yang berhasil lolos ke 500 besar nasional.

Diketahui, Anugerah Desa Wisata Indonesia merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf.

Even itu juga bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi. (rdr/ant)

Exit mobile version