Miris! Pria Lansia Asal Padang Jadi Gelandangan di Jakarta, Mengaku Dibuang Setahun Lalu

"Dari Padang tapi dibuang kesini (Jakarta). Mau pulang nggak ada duit, di Padang ada keluarga,” kata lansia itu dalam video tersebut.

Tangkapan layar video Youtube SayapHatiTV.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Seorang lansia yang tidur di trotoar jembatan TB Simatupang, Jakarta Selatan asal Padang viral di media sosial pada Senin (19/7/2021) malam. Keadaan lansia tersebut pertama kali diunggah oleh akun Youtube SayaphatiTV.

Dalam video berdurasi 6 menit 8 detik itu, konten kreator yang belakangan diketahui bernama Windi tersebut mendatangi seorang lansia yang tengah tertidur di trotoar di pinggir jalan jembatan TB Simatupang pada malam hari.

Saat didatangi Windi, tampak lansia yang menggunakan baju warna kuning dan celana hitam itu tengah duduk meringkuk di sudut jembatan. Kepada Windi, lansia itu mengaku bahwa dia dibuang dari Padang ke Jakarta dan bermukim di kawasan Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

“Dari Padang tapi dibuang kesini (Jakarta). Mau pulang nggak ada duit, di Padang ada keluarga,” kata lansia itu dalam video tersebut.

Saat ditanyai oleh Windi, lansia itu mengaku tidak memiliki identitas dan perjalannya dari Padang ke Jakarta lansia itu mengaku dirinya diberangkatan dengan bis angkutan umum Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

“Nggak ada (KTP), dibuang sama orang Padang kesini dinaikin bis mobil NPM. Setahun ada disini. Rencananya mau pulang tapi nggak ada duit,” ucap lansia tersebut.

Kepada Windi, lansia itu mengaku ikut dengan temannya sebagai pemulung barang bekas. Namun lama kelamaan ia lebih memilih tidur di trotoar demi mudah mendapatkan makanan, begitu pengakuan lansia tersebut pada Windi.

Dalam percakapannya dengan Windi, terdengar lansia itu menyebut bahwa keluarganya ada di kawasan Kalumbuak. Kemudian pada percakapan selanjutnya diketahui belakangan lansia tersebut bernama Ujang Harianto.

“Sebenarnya dari kisah pak Ujang tadi, aku belum bisa bantu apa-apa karena yang jelas kronologis yang dia ceritain juga sampe dia bisa di Jakarta dikirim orang katanya buat kesini. Cuma dia nggak tahu siapa orang yang ngongkosin gitu. Dalam benak aku mikir kok misalkan bapak nggak kenal kenapa mau ke Jakarta dengan nggak jelas gini.”

“Jadi dia itu istilah terpontang panting satu tahun di Jakarta tanpa pemasukan, nggak kerja, dan cuman ngikutin temennya mulung kalo siang nah tidurnya malem di jembatan TB Simatupang itu,” tutupnya.

Hingga kini video Windi tersebut sudah ditonton 2 ribu orang dan diunggah ulang di banyak akun resmi soal Sumatera Barat di Instagram. Jika ada yang mengenal beliau, bisa membantu dengan memberikan komentar di akun tersebut. (*)

sumber: Katasumbar

Exit mobile version