Selama Libur Lebaran, Dinkes Agam Siagakan 23 Puskesmas

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Hendri Rusdian. (Antarasumbar/Yusrizal)

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyiagakan 23 puskesmas di daerah itu selama libur Idul Fitri 1443 Hijriyah, dalam memberikan pertolongan pertama bagi warga yang sakit.

“Kita menyiagakan seluruh puskesmas di daerah itu dalam memberikan pertolongan pertama bagi warga yang sakit, kecelakaan dan lainnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Agam, Hendri Rusdian di Lubukbasung, Sabtu (30/4/2022).

Ia mengatakan, 11 puskesmas rawatan dengan sistem tiga shift berupa pagi, siang dan malam. Sedangkan 12 puskesmas non rawatan hanya dua shift berupa pagi dan malam.

Komponeb tenaga satu shift itu terdiri dari dokter, perawat, bidang, sopir dan lainnya. “Khusus untuk puskesmas rawatan ada pramusaji dan kondisi mobil ambulans siap tanpa permasalahan satu pun,” katanya.

Ia menambahkan, ketersediaan obat-obatan dan peralatan lainnya juga telah dilengkapi semuanya di puskesmas.

Untuk obat emergensi berupa obat anti bisa, vaksin rabies dan lainnya juga telah disiapkan di beberapa puskesmas.

“Apabila pasien dengan gigitan ular, anjing, kucing dan lainnya, maka tenaga medis bakal memberikan obat tersebut,” katanya.

Selama libur Idul Fitri, Dinkes Agam membentuk petugas piket untuk melakukan pemantauan ke 23 puskesmas itu. Pemantauan itu dilakukan setiap hari untuk memberikan dukungan bagi tenaga medis dan para medis. (rdr/ant)

Exit mobile version