Diduga Hepatitis Misterius, Seorang Bayi di Kabupaten Solok Meninggal

Anak tersebut sebelum meninggal juga mengalami gejala lainnya seperti gangguan pencernaan, dan diare.

ilustrasi hepatitis

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Seorang bayi di Kabupaten Solok dilaporkan meninggal dunia diduga terserang hepatitis akut misterius. Bayi tersebut sempat mengalami sakit kuning dan demam.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Lila Yanwar saat ditemui wartawan di Kantor Gubernur Sumbar, Senin (9/5/2022) mengatakan, anak tersebut sebelum meninggal juga mengalami gejala lainnya seperti gangguan pencernaan, dan diare.

“Banyak gangguan kegagalan hati yang terjadi dalam waktu yang cepat,” ujar Lila Yanwar.
Disebutnya, gejala tersebut mirip dengan dengan gejala hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya itu atau disebut dengan hepatitis unknown etiology.

“Gejalanya mirip dengan hepatitis unknown etiology itu. Dia seperti hepatitis A. Tapi ternyata tidak cocok pemeriksaan laboratoriumnya sehingga kita menyebutnya sebagai hepatitis unknown etiology,” jelasnya.

Atas hal tersebut, pihaknya telah menelusuri status kesehatan anak tersebut mulai dari riwayat kesehatan, kondisi rumah dan sebagainya.

Diketahui, anak tersebut berumur satu bulan 29 hari asal Kabupaten Solok. Yang bersangkutan meninggal dunia di Rumah Sakit Hermina Padang pada 2 Mei 2022 setelah sebelumnya sempat dirujuk dari Puskemas dan rumah sakit di Solok.

“Langkah berikutnya kami harus memberikan warning kepada teman-teman direktur rumah sakit terutama, dan juga Kadinkes kabupaten/kota, kalau ada gejala seperti itu (hepatitis misterius) segera melaporkan,” tutupnya. (rdr)

Exit mobile version