Pastikan dalam Kondisi Sehat, 54 CJH Pariaman ikuti Pemeriksaan Kesehatan

Sejumlah calon jemaah haji (CJH) Kota Pariaman, Sumbar mengikuti senam saat pemeriksaan kebugaran di GOR Rajo Bujang, Kami (19/5). (ANTARA/Aadiaat M. S.)

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Sebanyak 54 Calon Jemaah Haji (CJH) ditambah enam orang cadangan CJH di Kota Pariaman, Sumatera Barat mengikuti pemeriksaan kesehatan lanjutan setelah sehari sebelumnya mengikuti pemeriksaan kebugaran.

“Kemarin CJH ini mengikuti pemeriksaan kebugaran yang hasilnya layak untuk menjalankan ibadah haji,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Nazifah di Kota Pariaman, Jumat (20/5/2022).

Ia mengatakan dari pemeriksaan kebugaraan yang dilakukan di GOR Rajo Bujang pada Kamis (19/5/2022) tersebut diketahui CJH di Pariaman dapat mengikuti ibadah haji pada tahun ini.

Namun setelah pemeriksaan kebugaran, lanjutnya CJH tersebut juga harus mengikuti pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di Puskesmas Kurai Taji yang mulai dilakukan hari ini.

Ia menyampaikan tujuan pemeriksaan kesehatan tersebut yaitu untuk mengetahui penyakit yang mungkin dialami oleh CJH. Oleh karena itu pemeriksaan dilakukan dengan cek darah serta hal lainnya yang menyangkut dengan tubuh.

“Meskipun CJH bisa berangkat ke tanah suci namun mereka tetap diminta untuk menjaga kesehatan lebih maksimal,” katanya.

Ia menyampaikan meskipun saat ini pandemi COVID-19 sudah mulai mereda bahkan pemerintah pusat telah memperbolehkan melepas masker di ruang terbuka namun peraturan dan kondisi di luar negeri berbeda.

Oleh karena itu ia mengimbau CJH untuk menjaga kesehatan dan tetap menerapkan protokol kesehatan agar bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar.

Terpisah Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Pariaman Delri Soni mengatakan pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu syarat keberangkatan CJH.

“Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk mengetahui status kesehatan para CJH asal Kota Pariaman sehingga calon haji dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan lancar,” ujarnya

Pemeriksaan yang dilakukan kemarin di antaranya pemeriksaan tinggi badan, berat badan, Indeks Masa Tubuh (IMT), tekanan darah dan nadi sedangkan untuk pemeriksaan kebugarannya dengan lari dan jalan cepat. Sedangkan untuk pemeriksaan darah dilaksanakan hari ini.

“Kepada CJH agar mengikuti kegiatan ini dengan optimal untuk mengetahui keadaan kesehatannya,” tambahnya. (rdr/ant)

Exit mobile version