Gempa Besar 8,2 SR Menggoyang di Semenanjung Alaska, Picu Peringatan Tsunami

Survei Geologi A.S. (USGS) mengatakan gempa yang terjadi pada pukul 10:15 malam. waktu setempat (0615 GMT Kamis), berada di kedalaman 35 km.

ilustrasi gempa

ALASKA, RADARSUMBAR.COM – Gempa dangkal berkekuatan 8,2 SR melanda Semenanjung Alaska pada Rabu malam dan memicu peringatan tsunami di wilayah tersebut, kata pihak berwenang. Tidak ada laporan segera tentang hilangnya harta benda atau nyawa.

Survei Geologi A.S. (USGS) mengatakan gempa yang terjadi pada pukul 10:15 malam. waktu setempat (0615 GMT Kamis), berada di kedalaman 35 km.

Di Alaska, National Tsunami Warning Center (NTWC) mengeluarkan peringatan untuk bagian selatan, Semenanjung dan wilayah pesisir Pasifik dari Pintu Masuk Hinchinbrook hingga Unimak Pass. Ia juga mengeluarkan “jam tangan tsunami” untuk negara bagian Hawaii di AS.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) mengatakan kemungkinan ancaman tsunami di negara bagian Hawaii AS dan wilayah Pasifik AS di Guam sedang diselidiki.

Badan Meteorologi Jepang sedang menyelidiki apakah ada kemungkinan tsunami melanda Jepang, kata lembaga penyiaran publik NHK. Pihak berwenang di Selandia Baru juga mengatakan mereka menilai apakah ada bahaya di wilayah pesisir.

NTWC AS mengatakan sedang mengevaluasi tingkat bahaya tsunami untuk wilayah pesisir Pasifik AS dan Kanada lainnya. Gempa tersebut melanda sekitar 91 km timur-tenggara Perryville di Alaska.

Itu sekitar 800 km (500 mil) dari Anchorage, kota terbesar di Alaska. Itu diikuti oleh tujuh gempa susulan, dua di antaranya di atas magnitudo 6,0, menurut USGS. (*)

sumber: Reuters
Exit mobile version