Jam Besuk Dibuka kembali, Ratusan Keluarga Napi Berbondong-bondong Datangi Rutan Padang

Keluarga napi di Rutan Padang antre menunggu giliran untuk membesuk keluarga mereka di sana. (IST)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Setelah ditutup selama pandemi COVID-19, pihak Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Padang kembali membuka aktifitas kunjungan bagi keluarga warga binaan, Senin (4/7/2022).

Tak menyia-nyiakan kesempatan itu, ratusan keluarga narapidana atau napi tampak berbondong-bondong ke Rutan Kelas IIB Padang untuk membesuk keluarganya yang menjadi narapidana di rutan tersebut.

Kepala Rutan Kelas IIB Padang Muhammad Mehdi menjelaskan, untuk kunjungan tersebut pihak rutan memberlakukan syarat ini yakni harus vaksin ke 3, keluarga inti dan maksimal kunjungan dibatasi hanya 15 menit.

“Satu minggu itu, warga binaan hanya boleh dikunjungi selama satu kali,” tegas Mehdi, Senin (4/7/2022).

Ia menyebut, pemberlakuan kembali jam kunjungan untuk keluarga warga binaan ini menindaklanjuti surat dari Dirjenpas Kementrian Hukum dan HAM. Kendati demikian, karena masih di situasi pandemi COVID-19, pihaknya menerapkan sejumlah persyaratan dan pemeriksaan yang ketat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Penutupan jam kunjungan selama tiga tahun terakhir ini dilakukan Kementrian Hukum dan HAM akibat COVID-19 yang melanda Indonesia. Selama tiga tahun itu, berbagai upaya telah dilakukan Rutan Padang untuk melayani warga binaan agar bisa berkomunikasi dengan kekuarganya, mulai dari penitipan paket makanan hingga adanya ruang video call untuk warga binaan,” terangnya. (rdr-007)

Exit mobile version