Dikepung Ratusan Brimob, Anak Kiai Jombang DPO Cabul Menyerahkan Diri setelah Bersembunyi Belasan Jam

Suasana penjemputan paksa anak kiai di Jombang yang jadi tersangka pencabulan, Kamis (7/7/2022). (Kompas)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Tersangka pencabulan santriwati Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) akhirnya berhasil diringkus. Penangkapan anak kiai ternama di Jombang ini melibatkan ratusan personel Brimob dan bahkan memakan waktu 15 jam lamanya.

Penangkapan dilakukan kepolisian usai gagal melakukan pengejaran pada Minggu (3/7/2022), Polda Jawa Timur dan Polres Jombang pun kembali memburu keberadaan DPO itu, sejak Kamis (7/7/2022) pagi.

Ratusan personel Brimob bersenjata dan bertameng lengkap dikerahkan mengepung Pondok Pesantren Shiddiqiyyah, Ploso, Jombang, tempat MSAT alias Bechi bersembunyi.

Saat hendak merangsek masuk pesantren, petugas sempat dihalangi massa pengikut Bechi yang melakukan perlawanan. Akibatnya seorang personel polisi dilaporkan mengalami luka akibat serangan.

“Saat personel mau masuk di pintu gerbang pesantren, semoat terjadi persalawan, satu polisi tangannya kena kepruk (sabetan) seperti senjata tajam, luka,” kata saksi di lokasi, Aan Anshori, kepada CNNIndonesia.com, Kamis (7/7/2022).

Janji Kiai

Kapolres Jombang AKBP Moch Nurhidayat lalu melakukan negosiasi dengan keluarga Bechi, salah satunya sang ayah Kiai Muchtar Mu’ti.

Keduanya terlibat dialog. Kiai Muchtar dalam sebuah video yang beredar kemudian berjanji akan menyerahkan anaknya kepada Polda Jatim. “Ya nanti, saya antar ke sana,” kata sang kiai.

“Kapan?,” timpal Nurhidayat.

“Habis setelah selesai acara ini, acara pelantikan,” jawab Kiai Muchtar, lagi.

Namun setelah janji itu terucap, berjam-jam lamanya Bechi tak kunjung tertangkap. Polisi mengaku mengalami kendala mencari keberadaan buronan itu, lantaran pesantren yang luas dan banyak memiliki ruangan tersembunyi.

“Sampai saat ini kami terus berupaya untuk mencari keberadaan MSAT,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto.

“Kami masih berfokus (menggledah) ke wilayah di dalam pesantren, karena banyak ruangan kosong dan tersembunyi banyak, sehingga terus melakukan penggeledahan di ruangan-ruangan itu,” kata dia.

Dirmanto pun mengultimatum kepada pihak keluarga, agar mau menyerahkan Bechi segera. Sebab kata dia selama ini polisi sudah menempuh cara-cara persuasif.

Menyerahkan diri

Usai 15 jam pengepungan, waktu hampir menginjak tengah malam, Bechi dikabarkan menyerahkan diri. Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta menyebut tersangka menyerah sekitar pukul 23.35 WIB. “Menyerahkan diri,” kata Nico.

Selama proses pengepungan, kata Nico, Bechi sebenarnya hanya berada di lingkungan pondok Pesantren Shiddiqiyyah, Ploso, Jombang, saja. “Sembunyinya selama ini ada di sekitar sini,” ucapnya.

Usai menyerahkan diri, buronan itu kemudian langsung dibawa ke Mapolda Jatim untuk menjalani identifikasi identitas dan pemeriksaan kesehatan. Ia kemudian dijebloskan ke Rutan Klas I Surabaya, Medaeng, Sidoarjo sebagai titipan.

320 simpatisan ditangkap

Tak hanya menangkap Bechi, sebanyak 320 simpatisan anak kiai juga dicokok. Mereka diduga merupakan massa dari luar daerah yang mencoba menghalang-halangi proses jemput paksa MSAT.

“Kami sudah melakukan upaya mengamankan ke Polres Jombang, jumlahnya 320 orang, 20 di antaranya adalah anak-anak,” kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Dirmanto.

Ia mengatakan dari ratusan orang tersebut kebanyakan bukan penduduk sekitar ataupun santri Shiddiqiyyah. Mereka berasal dari beberapa daerah di luar Jombang. “Ini masih kami pilah karena banyak yang dari luar kota. Ada yang dari Malang, Banyuwangi, Semarang, Yogyakarta, bahkan dari luar Jawa dari Lampung,” ujarnya.

Mereka diangkut menggunakan sejumlah truk polisi dan Satpol PP menuju Mapolres Jombang untuk diperiksa lebih lanjut.

Selain itu, ada pula satu orang pengikut MSAT, berinisial DD yang ditangkap lantaran melakukan penyerangan petugas saat proses pengejaran tersangka, Minggu (3/7/2022).

Seperti diketahui, MSAT alias Bechi dilaporkan ke Polres Jombang atas dugaan pencabulan terhadap perempuan di bawah umur asal Jawa Tengah dengan Nomor LP: LPB/392/X/RES/1.24/2019/JATIM/RESJBG. Korban merupakan salah satu santri atau anak didik MSAT di pesantren.

Selama proses penyidikan, MSAT diketahui tak pernah sekalipun memenuhi panggilan penyidik Polres Jombang. Namun, ia telah ditetapkan sebagai tersangka pada Desember 2019.

Kasus ini kemudian ditarik ke Polda Jatim. Namun, polisi belum bisa menangkap MSAT. Upaya jemput paksa pun sempat dihalang-halangi jemaah pesantren setempat.

MSAT lalu menggugat Kapolda Jatim. Ia menilai penetapan dirinya sebagai tersangka tidak sah. Ia pun mengajukan praperadilan sebanyak dua kali ke Pengadilan Negeri (PN) Surabaya dan PN Jombang.

Namun, dua kali upaya praperadilan itu pun ditolak. Polisi juga sudah menerbitkan status DPO untuk MSAT. (rdr/cnnindonesia.com)

Exit mobile version