Pemkab Agam Gelar Salat Idul Adha di Halaman Kantor Bupati Sabtu Pagi

Seandainya hari hujan melanda daerah itu, maka pelaksanaan shalat dialihkan ke Masjid Agung Nurul Falah.

Lapangan di halaman Kantor Bupati Agam untuk salat Idul Adha.

AGAM, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggelar Shalat Idul Adha 1443 Hijriyah di halaman kantor bupati itu pada Sabtu (9/7/2022) pagi.

Sekretaris Daerah Agam, Edi Busti di Lubukbasung, Jumat, mengatakan pelaksanaan Shalat Idul Adha itu pada Sabtu (9/7/2022) sekitar pukul 07.00 WIB.

“Seandainya hari hujan melanda daerah itu, maka pelaksanaan shalat dialihkan ke Masjid Agung Nurul Falah,” katanya.

Dia menambahkan, khatib Shalat Idul Adha atas nama Yusmi Zamri Ketua Yayasan Alzamriyah Ahlul Quran Kota Payakumbuh. Sedangkan, imam Shalat Idul Adha atas nama Ihsan Nazula dari qori nasional.

Bagian Kesra Sekretariat Daerah Agam telah memasang mimbar di lapangan halaman kantor bupati, marawa di sekitar lapangan dan lainnya. Untuk pemasangan tikar bakal dilakukan pada Sabtu (9/7) sekitar pukul 06.00 WIB dan saat ini tikar telah berada di lokasi.

“Jamaah Shalat Idul Adha berasal dari bupati, wakil bupati, Forkopimda, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perantau dan masyarakat,” katanya.

Pada Jumat (8/7/2022) pukul 20.00 WIB, tambahnya, pelaksanaan malam takbiran di Masjid Agung Nurul Falah Lubukbasung.

Penetapan waktu pelaksanaan Shalat Idul Adha pada Sabtu (9/7/2022) itu sesuai dengan hasil kesepakatan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama (Kemenag) dan lainnya.

“Penetapan Shalat Idul Adha ada dua cara yakni, rukyat dan hisap. Untuk Agam, memakai hisap,” katanya.

Sementara itu, Ketua MUI Agam, Muhammad Taufik menambahkan pelaksanaan Shalat Idul Adha pada Sabtu, setelah masyarakat daerah itu banyak melaksanakan Shalat Idul Adha pada Sabtu.

“Ini tidak ada kepentingan dan penetapan tersebut berdasarkan wujudul hilal atau kriteria penentuan awal bulan hijriyah dengan menggunakan dua prinsip,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version