Populasi Orang di Dunia akan Sentuh Angka 10,4 Miliar, India Jadi yang Terpadat

Nantinya, pada tahun 2080 jumlah penghuni bumi akan mencapai 10,4 miliar dan terus tumbuh hingga puncaknya pada tahun 2100.

ilustrasi populasi dunia

RADARSUMBAR.COM – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kembali merilis data kependudukan dunia. Dalam rilis itu, PBB juga merilis proyeksi pertumbuhan penduduk dunia dalam jangka panjang.

PBB memprediksi penghuni bumi akan mencapai 8 miliar di 15 November ini. Kemudian, di tahun 2030, penduduk bumi bisa mencapai 8,5 miliar dan di tahun 2050 mencapai 9,7 miliar.

Nantinya, pada tahun 2080 jumlah penghuni bumi akan mencapai 10,4 miliar dan terus tumbuh hingga puncaknya pada tahun 2100.

“Ini adalah pengingat tanggung jawab kita bersama untuk merawat planet kita dan momen untuk merenungkan di mana kita masih gagal memenuhi komitmen kita satu sama lain,” kata Sekretaris Jenderal Antonio Guterres dikutip AFP, Senin (12/7/2022).

“Ini adalah kesempatan untuk merayakan keragaman kita, mengakui kemanusiaan kita bersama, dan mengagumi kemajuan dalam kesehatan yang telah memperpanjang rentang hidup dan secara dramatis mengurangi angka kematian ibu dan anak,” tambahnya.

Sementara itu, PBB juga mencatat bahwa India akan menjadi negara terpadat di dunia pada tahun depan mengalahkan China.

Ini bukan tanpa sebab. Di 2021 saja, populasi India hanya kalah tipis dari China, 1,412 miliar versus 1,426 miliar. Angka ini diyakini akan semakin meningkat hingga 2050.

Selain itu, dalam data Worldometers, pertumbuhan penduduk India juga menyentuh diatas 1% per tahunnya. Ini lebih cepat dari China yang rata-rata menyentuh 0,3 hingga 0,4% per tahun.

“Tahun 2023 adalah ketika India kemungkinan akan melampaui China sebagai negara terpadat di dunia,” tulis Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB. (rdr/cnbc)

Exit mobile version