Bukan ‘Empty’, Ini Ternyata Arti Huruf E pada Indikator BBM

Huruf E pada panel indikator isi tanki BBM sebenarnya punya arti Emergercy, atau keadaan darurat.

ilustrasi indikator E

OTOMOTIF, RADARSUMBAR.COM – Banyak yang menyangka huruf E pada panel indikator BBM motor dan mobil punya arti Empty alias kosong, Padahal tidak seperti itu.

Panel indikator BBM mobil dan motor terdapat huruf F dan E. Selain itu, umumnya juga terdapat ilustrasi yang menunjukkan seberapa banyak isi tanki BBM baik berupa garis maupun bilah-bilah digital.

Jika kita mengisi bahan bakar sampai penuh, maka jarum atau indikator BBM akan mengarah ke huruf F. Huruf F ini memang punya arti full, alias penuh.

Sementara jika tanki BBM mulai menipis isinya, maka indikator akan menuju huruf E. Tapi huruf E ini bukan berarti Empty alias kosong.

Dikutip dari Totalenergies, huruf E pada panel indikator isi tanki BBM sebenarnya punya arti Emergercy, atau keadaan darurat.

Jika jarum sudah menunjuk huruf E, maka keadaannya sudah sangat genting untuk segera mengsisi BBM. Jangan ditunda lagi segera berhenti dan isi bahan bakar begitu melihat SPBU.

Faktanya, saat menunjuk huruf E, tangki BBM tidak benar-benar kosong. Pada umumnya kendaraan masih bisa melaju sampai beberapa puluh Kilometer.

Rata-rata, mobil masih tersedia 10 persen dari total kapasitas maksimal bahan bakar ketika indikator E mulai berkedip.

Ini dilakukan pabrikan supaya pengendara tidak benar-benar kehabisan bensin di tengah jalan, terlebih ketika melakukan perjalanan jauh.

Jadi, daripada harus mendorong kendaraan karena habis bensin, sebaiknya isi BBM mobil atau motor kamu sebelum indikator mendekati huruf E. (rdr/dtk)

Exit mobile version