32 Ekor Sapi di Padang Terjangkit PMK, Ditemukan di Bungus Teluk Kabung dan Kototangah

Ilustrasi petugas melakukan pemeriksaan terhadap sapi-sapi untuk mengantisipasi penyebaran PMK. (IST)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sebanyak 32 ekor sapi kembali ditemukan terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) oleh Dinas Pertanian Kota Padang.

Yang mana sebelumnya menjelang Iduladha semua hewan ternak di Kota Padang sudah dinyatakan sembuh secara keseluruhannya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat mengatakan, hewan yang terpapar PMK tersebut ditemukan berada di dua kecamatan, yakni Bungus Teluk Kabung dan Kototangah.

“Ditemukan di daerah Bungus Barat sebanyak 30 ekor sapi, kemudian di daerah Lubuk Minturun Kototangah ditemukan lagi sebanyak 2 ekor sapi juga yang dilaporkan pada tanggal 14 Juli 2022,” ungkap Syahrial Kamat, Kamis (21/7/2022) dilansir infopublik.id.

Ia menjelaskan berdasarkan prediksi Dinas Pertanian, hewan yang terpapar di Bungus Teluk Kabung berasal dari hewan ternak dari luar daerah Padang. Seluruh hewan yang terpapar merupakan hewan lokal.

“Di sana hewannya kan dibiarkan lepas, bisa jadi tertular dari hewan luar daerah yang datang pada saat Iduladha kemarin,” bebernya.

Lebih lanjut kata dia, dari 32 hewan yang terpapar sudah menunjukan ke arah yang lebih baik menuju sembuh, namun hingga kini masih dalam tahap pengobatan.

Kemudian, disamping obat yang disediakan pemerintah, para petani di sana banyak yang mengobati sapi mereka dengan pengobatan tradisional seperti air daun sungkai. “Hewannya menuju sembuh, makan sudah bisa, namun masih dalam tahap pengobatan. Kami akan cek lagi ke lokasi,” katanya. (rdr)

Exit mobile version