Kawasan Sitinjau Lauik kembali Longsor, Akses Penghubung Padang-Solok Terganggu

Jalan penghubung Padang-Solok tertutup akibat longsor. (IST)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Jalan yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Provinsi Jambi di kawasan Sitinjau Lauik, Kota Padang tertutup akibat longsor yang terjadi di daerah setempat pada Senin (25/7/2022) siang.

Kapolsek Lubuk Kilangan Kompol Lija Nesmon di Padang, Senin (25/7/2022) mengatakan pihaknya baru mendapatkan informasi tersebut dari masyarakat dan menurunkan anggota ke lokasi.

“Ini anggota kita baru meluncur ke lokasi. Lokasinya di lokasi yang sebelumnya longsor pada beberapa waktu lalu,” kata dia.

Dirinya juga berkoordinasi dengan BPBD Padang terkait longsor yang menghambat jalur utama yang menghubungkan Padang dengan Kabupaten Solok.

Menurut dia kawasan yang longsor tersebut memang daerah rawan karena tingginya curah hujan yang terjadi sejak pagi hari.

“Material itu kemarin sudah dibersihkan namun karena curah hujan tinggi diduga membuat material yang menganga di atas turun ke jalan,” kata dia.

Sementara Plt BPBD Padang Arfian mengatakan pihaknya juga telah menurunkan anggota ke lapangan untuk meninjau kondisi tersebut.

“Kita juga berkoordinasi dengan BPBD Provinsi meminta bantuan Dinas PUPR untuk mengevakuasi material longsor yang menutup jalan,” kata dia.

Dirinya mengimbau agar masyarakat berhati-hati dan waspada ketika berada di luar rumah saat curah hujan tinggi disertai angin kencang. “Terutama di daerah rawan longsor atau di daerah banyak pepohonan dan papan reklame besar,” kata dia. (rdr/ant)

Exit mobile version