Karena Alasan Keamanan, 25 Persen Pengguna Android Ingin Beralih ke iPhone

Tampilan file iOS 16 versi beta untuk pengguna publik di iPhone. (KOMPAS.com/Zulfikar)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Persaingan antara ponsel Android dan iPhone saat ini tidak hanya soal kecanggihan spesifikasi tapi juga sistem operasinya. Bahkan hasil survei terbaru menunjukkan pengguna Android ingin beralih ke iPhone karena tergoda dengan iOS 16.

Perusahaan keamanan siber Beyond Identity belum lama ini melakukan survei dengan 1.003 responden di Amerika Serikat. Tujuan survei ini adalah melihat seberapa aman pengguna Android dan iPhone merasa saat menggunakan perangkat mereka.

Hasilnya, 76% pengguna iPhone merasa perangkatnya lebih aman sedangkan 74% pengguna Android merasa gadgetnya lebih aman. Tidak hanya itu, 32% responden mengatakan iPhone 13 Pro Max merupakan ponsel paling aman yang mereka gunakan ketimbang Samsung Galaxy S22 Ultra (13%).

Tidak hanya karena iPhone, pengguna Apple juga merasa lebih aman karena fitur-fitur keamanan dan privasi yang ditawarkan. Misalnya pengguna Apple Cloud Keychain (aplikasi password manager buatan Apple) lebih mungkin merasa sangat aman ketimbang pengguna Google Password Manager (20% vs 17%).

Karena faktor keamanan, 25% pengguna Android yang disurvei mengaku sedang berpikir untuk beralih ke iPhone. Dari persentase tersebut, 49% di antaranya mengaku berpaling karena menganggap keamanan dan privasi di iPhone yang lebih superior.

iOS 16, sistem operasi terbaru yang akan segera diluncurkan untuk iPhone, menjadi alasan 33% pengguna Android untuk beralih ke iPhone. Sistem operasi terbaru ini memang akan menghadirkan fitur keamanan yang ekstrem, termasuk Lockdown Mode yang bisa melindungi ponsel dari serangan spyware, seperti dikutip dari Phone Arena, Jumat (19/8/2022).

Studi ini juga mengungkap pengguna Apple lebih rajin dalam mengamankan perangkatnya, misalnya dengan memasang PIN enam digit, menggunakan facial recognition, dan mengaktifkan location tracking.

Hampir setengah dari responden juga mengaku pernah menjadi korban serangan malware (40% untuk iPhone dan 48% untuk Android) serta penipuan online (44% untuk iPhone dan 45% untuk Android). (rdr/detik.com)

Exit mobile version