Warga Padang Dihoyak Gempa 4,4 SR, Ini Kata BMKG

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar.

Ilustrasi gempa bumi. (net)

Ilustrasi gempa bumi. (net)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Gempa bermagnitudo 4,4 SR mengguncang Kota Padang, Sumatera Barat, petang ini pukul 16.26 WIB. BMKG menjelaskan, gempa tersebut merupakan gempa tektonik dan tak berpotensi tsunami.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar,” kata Suaidi Ahadi, Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang kepada wartawan, Senin (22/8/2022).

Menurut Suaidi, dari hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,4.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,12 LS dan 100,30 BT atau tepatnya berlokasi di Laut pada 21 km Barat Daya Padang, Sumbar pada kedalaman 44 km.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelas dia.

Suaidi menyatakan, hingga pukul 17.45 WIB belum tercatat adanya gempa bumi susulan. Masyarakat diminta tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah,” imbau Suaidi.

Gempa yang terjadi sekitar lima detik lebih ini sempat membuat warga Padang berhamburan keluar rumah. Meskipun kecil, tapi gempa terasa menghentak dan menggoyang sejumlah benda. (rdr)

Exit mobile version