Gak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Daun Mint untuk Perawatan Kulit

Daun mint kerap ditambahkan ke dalam beberapa produk perawatan kulit

ilustrasi daun mint. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Daun mint biasa ditambahkan ke dalam minuman seperti teh atau cokelat untuk memberi efek menenangkan. Tapi tahukah Anda jika daun mint juga bermanfaat untuk perawatan kulit?

Daun mint kerap ditambahkan ke dalam beberapa produk perawatan kulit seperti sabun wajah, pelembap, dan losion. Ini dia beberapa manfaat daun mint untuk perawatan kulit, seperti dilansir dari Times of India.

1. Mengobati jerawat
Daun mint kaya akan asam salisilat dan vitamin A yang mengontrol sekresi sebum di kulit. Orang dengan kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat. Sifat antibakteri dan antijamur pada daun mint mencegah peradangan dan juga menyembuhkan jerawat. Oleskan pasta daun mint pada jerawat dan biarkan selama 15 menit. Selain menghilangkan bekas jerawat, juga dapat membersihkan pori-pori kulit.

2. Menyembuhkan luka
Sifat antiradang pada daun mint membantu menyembuhkan luka, seperti luka bekas gigitan nyamuk atau gatal. Oleskan jus daun mint pada area kulit yang terinfeksi. Selain membantu menyembuhkan luka, juga akan menenangkan iritasi dan sensasi terbakar pada kulit.

3. Melembapkan dan mengencangkan kulit
Daun mint dapat bertindak sebagai zat ringan yang membantu mengencangkan kulit secara alami dan membuat kulit terhidrasi dengan baik. Daun mint akan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit dan mencegah kerutan atau garis-garis halus. Oleskan daun mint pada wajah dan biarkan selama 20 sampai 25 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

4. Mengurangi lingkaran hitam
Antioksidan dalam daun mint bekerja dengan baik untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Cukup oleskan pasta daun mint di atas lingkaran hitam dan biarkan semalaman. Ini akan mencerahkan warna kulit di bawah mata dan mengurangi munculnya lingkaran hitam.

5. Mencerahkan kulit
Daun mint bersifat antiseptik yang mencegah bintik-bintik dan ruam pada kulit. Selain itu, daun mint juga mengurangi kerusakan kulit akibat terpapar di bawah sinar matahari langsung. Oleskan ekstrak daun mint ke kulit kusam Anda untuk mendapatkan kulit yang cerah. (*)

Sumber: suara.com
Exit mobile version